Bg

Berita - IAIN Surakarta

Lewat Video Berbahasa Inggris, Mahasiswa Fakultas Syariah Promosikan Produk Halal Indonesia

16 April 2018
Share to:

FASYA – Mahasiswa fakultas syariah promosikan produk halal lewat video yang diunggah ke Youtube. Lebih spesial lagi mereka menggunakan bahasa Inggris untuk memperkenalkan produk-produk asli Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperluas promosi ke pasar internasional sehingga dapat membangkitkan produk dalam negeri serta menimbulkan rasa bangga akan hasil sumber daya sendiri. Diharapkan langkah ini mampu menghidupkan ekonomi masyarakat secara mandiri.

Menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), bangsa Indonesia harus lebih kreatif dalam menerapkan sistem perdagangan. Apabila tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, praktis kita akan kalah bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Akibatnya ekonomi kita akan dijajah dengan banyaknya produk impor yang masuk. Padahal negeri kita lebih kaya akan sumber daya alam dan menghasilkan banyak potensi yang tidak kalah berkualitas. Tinggal bagaimana kita bisa mengemas produk secara inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Dalam video yang ditayangkan, para mahasiswa menawarkan produk halal yang belum dikenal secara luas di masyarakat. Mereka menyampaikan dengan bahasa Inggris sekaligus sebagai sarana untuk melatih ketrampilan speaking. Bukan hanya mengenalkan nama produk saja, melainkan juga menjelaskan keunggulan produk, cara konsumsi, harga, sampai bagaimana cara pembeliannya. Berbagai macam jenis produk dipromosikan, mulai dari makanan, barang, dan jasa.

Video ini merupakan karya mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah semester 2 untuk memenuhi tugas mata kuliah English for Sharia Business, tentunya dengan metode dan teknik yang sudah disampaikan dosen pengampu. Tetapi, hanya video terpilih yang akan diupload ke Youtube setiap minggunya. Penonton bisa langsung mengakses di channel Youtube FASYA atau search dengan hastag #FasyaPromotion. Kita juga dapat mendukung program ini dengan cara share video tersebut sebanyak-banyaknya. Berikut contoh video terpilih promosi produk halal Indonesia.

Related Post