Bg

Berita - IAIN Surakarta

Kemenag Sukoharjo Gandeng Fakultas Syariah adakan Bimbingan Pra Nikah

29 November 2018

FASYA- Pada 21-22/11/2018 lalu, Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukoharjo bekerjasama dengan Fakultas Syariah (Fasya) IAIN Surakarta melaksanakan “Bimbingan Perkawinan Remaja Usia Nikah”. Bertempat di Aula Gedung Rektorat Lt. 3, kegiatan ini diikuti 110 peserta.

Menurut Kepala Kemenag Sukohrajo, H. Ihsan Muhadi, S.Ag pada saat sambutan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan amanah pemerintah untuk mewujudkan keluarga berkualitas sebagai penopang pembangunan nasional. “Untuk mewujudkan negara yang berkualitas, keluarga harus berkualitas. Keluarga yang berkualitas perlu dipersiapkan, salah satunya melalui bimbingan perkawinan bagi remaja usia nikah”, terangnya.

Sementara Kasi Bimas Islam Kemenag Sukoharjo, H. Imam Waladi, M.Ag menegaskan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan bekerjasama dengan Fasya agar lebih maksimal. “Sebagai lembaga yang memiliki Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fasya tentu memiliki SDM yang relevan untuk ikut melakukan bimbingan pra nikah bagi remaja”, imbuhnya.

M. Usman menyampaikan materi

Pada hari pertama, Rabu 21/11/2018, setelah pre-test, dari pagi hingga sore pukul 16.00, peserta mengikuti tiga materi. Di antaranya: Mempersiapkan Perkawinan Kokoh Menuju Keluarga Sakinah, Membangun Hubungan dalam Keluarga, dan Memenuhi Kebutuhan Keluarga.

Pada hari kedua, Kamis 22/11/208, peserta kembali mendapatkan tiga materi. Ketiganya adalah: Mengelola Konflik dan Membangun Ketahanan Keluarga, Menjaga Kesehatan Reproduksi, dan Menyiapkan Generasi Berkualitas. Pada hari kedua ini, peserta juga mengikuti evaluasi dan post tes.

Masing-masing materi disampaikan dengan teknik pembelajaran interaktif, aktif, dan komunikatif. Fasilitator kegiatan dari Kemenag disampaikan oleh Imam Waladi, M.Ag., Syafi’i, M.Ag., Suratmin, S.Ag., dan Agus Mustamar, S.H.I. Sementara fasilitator dari Fasya disampaikan oleh Dr. M. Usman, M.Ag dan Muh. Zumar Aminuddin, S.Ag., M.H.

Peserta melakukan simulasi

Pada kesempatan ini, selain kegiatan bimbingan pra nikah, Kemenag Sukoharjo juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Fasya. Kerja sama yang ditekankan pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini ditandatangani oleh Kepala Kemenag Sukoharjo dan Dekan Fakultas Syariah IAIN Surakarta. (SH)