Bg

Berita - IAIN Surakarta

Muslimah Mompreneur dalam Majalah Keluarga Islam Hadila

17 Desember 2018
Share to:

Artikel berjudul “Muslimah Mompreneur dalam Majalah Keluarga Islam Hadila: Solusi Alteratif Peran Ekonomi Perempuan dalam Keluarga Sakinah” adalah karya Sidik, Dosen Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Artikel hasil penelitian individual yang dibiayai DIPA IAIN Surakarta tahun 2017 ini dimuat dalam Jurnal SMART Vol. 4, No. 2 (2018).

Artikel ini mengkaji dua hal. Pertama, Bagaimana konstruksi muslimah mompreneur dalam majalah Hadila. Kedua, Bagaimana relevansi konstruksi tersebut terhadap regulasi pembangunan keluarga sakinah di Indonesia dan terhadap tawaran teoretik bagi solusi dilema peran ekonomi perempuan dalam keluarga.

Melalui analisis framing, kajian artikel ini menegaskan bahwa konstruksi muslimah mompreneur yang ditawarkan Hadila adalah ibu rumah tangga, memiliki usaha yang akrab dengan dunia perempuan, dilakukan secara mandiri atau bersama suami, dilandasi nilai-nilai profesionalitas dan religiusitas, dan bertujuan memaksimalkan peran dalam rumah tangga, pengembangan diri, dan kemandirian.

Artikel ini juga menegaskan bahwa konstruksi demikian relevan dengan konstruksi peran ekonomi perempuan dalam regulasi pembangunan keluarga sakinah di Indonesia. Ia mempertegas kembali domestikasi perempuan tetapi lebih fleksibel, di mana peran dalam rumah tangga dilaksanakan secara integral seiring peran ekonomi. Selain itu, peran ekonomi perempuan dalam keluarga berlandaskan pada nilai-nilai religius guna menegaskan identitas keluarga yang Islami.

Lebih jauh, konstruksi muslimah mompreneur dalam majalah Hadila ini menawarkan pilihan alternatif atas dilema perempuan antara kepentingan karir dan keluarga yang berbeda dengan sejumlah tawaran teoretik yang telah ada, namun cenderung bersifat patriarkis dan domestikatif

Lebih lanjut artikel tersebut dapat diakses melalui link berikut: https://blasemarang.kemenag.go.id/journal/index.php/smart/article/view/673/349

Selamat membaca.