Bg

Berita - IAIN Surakarta

Raker di Malang, Fakultas Syariah IAIN Surakarta Bertekad 2020 Makin Cemerlang

3 Februari 2019
Share to:

FASYA- Guna mempersiapkan diri menjadi lembaga yang makin cemerlang pada tahun 2020, Fakultas Syariah (Fasya) IAIN Surakarta kemarin Rabu-Jumat, 30/1/2018 sampai 1/2/2018 mengadakan rapat kerja (raker) di Malang.

Raker yang dilakukan dalam rangka menyusun program kerja tahun 2020 ini diikuti oleh Dekan, para Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Laboratorium Fakultas Syariah, Laboratorium Falak Al-Hilal, Jurnal Al-Ahkam, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI),  dan unit terkait lainnya di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Peserta Raker Fakultas Syariah 2019

Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag, selaku Dekan, dalam sambutannya pada pembukaan raker menekankan pentingnya jajaran pimpinan, lembaga, dan unit terkait untuk melakukan inovasi dan pembaruan dalam menyusun program kerja ke depan.

“Mari kita gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk membahas program kerja kita ke depan yang lebih inovatif sesuai dengan tuntutan perubahan yang cepat ini, agar Fakultas Syariah semakin cemerlang ke depan”, demikian urainya.

Sementara pada saat menyajikan garis besar program kerja, Beliau menyampaikan pada tahun 2020 Fakultas Syariah perlu melakukan pengembangan program studi (Prodi), terutama prodi yang supportingnya sudah siap. Misalnya, lanjut Dekan, prodi Ilmu Hukum dan prodi Siyasah (Politik Islam).

Selain itu beliau juga menekankan pentingnya upaya penguatan lembaga di antaranya mempersiapkan reakreditasi prodi yang belum mencapai nilai A.

“Tahun depan kita upayakan untuk melakukan reakreditasi prodi, khususnya prodi Hukum Pidana Islam (HPI) agar status akreditasinya meningkat menjadi A”, demikian tegas beliau.

Lebih jauh, beliau juga memaparkan beberapa hal terkait penguatan SDM, penguatan organisasi mahasiswa, penguatan lembaga intra (LKBHI, BMT, Laboratorium, Jurnal), pengembangan kerjasama, event internasional, peningkatan kuantitas mahasiswa, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta peningkatan sarana dan prasarana.

Paparan program kerja Jurnal Al-Ahkam, Laboratorium Falak, LKBHI, dan Laboratorium Fakultas

Selain Dekan, masing-masing Wakil Dekan, Ketua Jurusan (Hukum Keluarga Islam, Hukum Pidana Islam, Hukum Ekonomi syariah, dan Manajemen Zakat dan Wakaf), Kepala Laboratorium, Kepala Laboratorium Falak, Ketua LKBHI, dan Ketua Jurnal Al-Ahkam secara bergilir memaparkan program kerjanya. Paparan dibagi dalam tiga sesi. Tiap-tiap usai paparan per-sesi, dilanjutkan pendalaman dan dialog.

Dekan menyerahkan kenang-kenangan kepada Bu Sofiatun.

Pada saat penutupan, Dekan menyampaikan poin-poin pokok hasil raker. Beliau juga berharap, hasil raker ini dapat ditindaklanjuti dengan maksimal.

Selain itu, penutupan raker juga diselingi penyerahan kenang-kenangan kepada salah seorang Tenaga Pendidik, yang akrab disapa bu Atun, yang berpindah tugas ke Fakultas Sastra dan Bahasa. (SH)

Related Post