Bg

Berita - IAIN Surakarta

Ormawa Fakultas Syariah Peduli Bencana Banjir

15 Maret 2019
Share to:

FASYA-Selasa, 12/3/2019, seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Syariah (Fasya) melakukan penggalangan dana untuk korban bencana banjir yang melanda Klaten, Ngawi, dan Madiun beberapa hari yang lalu. Menurut info yang diperoleh, banjir di Ngawi mencapai tingi 5 meter. Banjir ini disebabkan oleh hujan berhari-hari yang mengguyur wilayah tersebut.

Ormawa yang melakukan penggalangan dana adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan  (HMJ) Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Keluarga Islam (HKI), Hukum Pidana Islam (HPI), dan Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA).

Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial (social responsibility) mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berempati guna membantu saudara-saudara yang membutuhkan, dalam hal ini para korban bencana banjir.

Tidak hanya menggugah empati internal organisasi mahasiswa, penggalangan dana ini juga bertujuan mengajak masyarakat sekitar untuk turut membantu meringankan beban korban bencana pasca banjir melanda.

Bentuk penggalangan dana oleh HMJ Mazawa adalah dengan menjual es teh. Mereka membuat stan di Taman Kampus. Es teh tersebut ditawarkan kepada mahasiswa-mahasiswi di area kampus. Mereka ditawarkan es teh dengan membayar seikhlasnya. Uang yang diberikan diperuntukkan untuk membantu korban bencana banjir.

Menjual es teh sebagai media penggalangan dana

Sedangkan penggalangan dana yang dilakukan oleh HMJ HES, HKI, dan HPI adalah dengan terjun lagsung di jalan raya. Mereka melakukannya di beberapa titik lokasi, seperti di perempatan Kartasura, perempatan Colomadu, dan Bunderan Kartasura.

Menggalang dana di Jalan Raya

Hasil dari penjualan es teh dan galang dana di jalan raya tersebut digabungkan. Total penggalang dana seluruhannya terkumpul sebanyak Rp. 4.382.400,- (Empat Juta Tiga Ratus Delapan Puluh Dua Ribu Empat Ratus Rupiah).

Guna menyalurkan kepada korban bencana, Ormawa akan bekerjasama dengan Fakultas Syariah dan menggandeng Lembaga Zakat. (Penulis: Hanifah/Mazawa. Editor: SH)

 

#DonasiUntukKebaikan

#KitaPeduliUntukNgawi,Klaten,Madiun

#BukanAku,BukanKamu,TapiKita