Bg

Berita - IAIN Surakarta

Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Masa Kini, Praktikum Mata Kuliah Kewirausahaan Adakan Bazar Bersama HMJ HES

12 Mei 2019
Share to:

FASYA- Kamis-Jum’at, 2-3/5/2019 lalu, Mahasiswa Fakultas Syariah melaksanakan bazar kewirausahaan di lapangan utama IAIN Surakarta dengan tema “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dalam Kreasi Masa Kini”.

Peserta bazar adalah mahasiswa Fakultas Syariah semester VI yang berjumlah sebanyak 342 orang. Mereka adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah “Kewirausahaan Islami”.

Kegiatan ini merupakan kegiatan praktikum mata Kuliah Kewirausahaan Islami yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Ekonomi Syariah (HES) sebagai penyelenggaranya.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan (entrepreneurship). Secara teori, dasar keilmuan kewirausahaan telah diberikan di ruang kelas. Sehingga dalam bazar ini mahasiswa dapat langsung mempraktikkan teori yang telah dikaji,” ujar Sugiman, S.E.,M.M. selaku dosen pengampu.

“Kegiatan ini juga sebagai awal mula berwirausaha kecil-kecilan sebelum benar-benar berwirausaha nantinya,” tambahnya.

Selain bapak Sugiman, juga hadir bapak Ahmad Marzuki, Lc.,M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah yang sama.

Ketua Jurusan HES dan Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan Islami tampak hadir membuka bazar.

Pada bazar ini, para mahasiswa terbagi dalam beberapa kelompok. Mereka dibebaskan untuk memilih produk penjualan sesuai keinginan masing-masing kelompoknya.

Bazar ini dibuka pada hari Kamis, pukul 09.00 WIB secara langsung oleh Masjupri, S.Ag., M.Hum. selaku Ketua Jurusan HES.

Ketua Jurusan HES, Masjupri, S.Ag., M.Hum., saat membuka acara.

Masjupri menekankan bahwa kewirausahaan merupakan salah satu soft skill mahasiswa Fakultas Syariah, khususnya HES. Karenanya bazar ini  setiap tahun harus dilakukan sebagai ajang pengembangan skill entrepreneurship mahasiswa.

Setelah membuka kegiatan, Ketua Jurusan bersama para dosen pengampu, diikuti Ketua HMJ HES, Bangun Seto Dwimurti, berkeliling ke seluruh lapak yang tersedia.

Terdapat 60 lapak yang memeriahkan bazar, dengan produk yang beraneka ragam. Produk yang dijual berupa makanan yang dibakar, digoreng, dikukus dan minuman yang bervariasi. Keunikan dari setiap makanan dan minuman ini menjadi ciri khas masing-masing lapak.

Ketua Jurusan HES bersama dosen pengampu tinjau lapak.

Hari kedua, peserta bazar tetap semangat. Mereka tidak hanya diam menunggu pembeli, tetapi juga berkeliling kampus IAIN Surakarta. Hingga sebelum ditutup, semua makanan dan minuman dari setiap lapak sudah ludes terjual.

Penutupan bazar ditandai dengan penyampaian kesan dan pesan kegiatan oleh perwakilan kelas semester VI. Pada pukul 14.00 WIB bazar resmi ditutup oleh Bapak Sugiman, S.E.,M.M.

Penulis: HMJ HES/DAM. Editor: Fikr.

Related Post