Bg

Berita - IAIN Surakarta

“Sapa Ramadan” di TPA, LSO T2Q Fakultas Syariah Sosialisasikan Bahaya Gadget Bagi Anak

12 Mei 2019
Share to:

FASYA- Jum’at, 10/05/2019 Lembaga Semi Otonom (LSO) Tahsin wa Ta’limul Qur’an (T2Q) Fakultas Syariah IAIN Surakarta mengawali kegiatannya melalui “Sapa Ramadan”.

Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi T2Q dalam melaksanakan kegiatan. Pada “bulannya al-Qur’an” ini, T2Q yang merupakan LSO yang fokus memediasi pengembangan Baca Tulis al-Qur’an (BTA) terdorong untuk melakukan kegiatan Sapa Ramadan.

Pada kegiatan Sapa Ramadan ini, T2Q mengunjungi TPA Al-Kautsar Pucangan Kartasura.

Kegaitan ini mengambil tema “Tutup Gadgetmu, Buka Qur’anmu”. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dampak gadget yang terbukti memikat daya tarik anak-anak dan memicu rasa malas untuk belajar al-Qur’an.

Karenanya, T2Q bercerita banyak tentang bahaya gadget bagi anak-anak dan berusaha mengajak anak-anak untuk kembali belajar dan membaca al-Qur’an, khususnya di TPA Al-Kautsar.

Anak-anak semangat menyimak materi.

Dalam kegiatan ini, Bapak Khamdani, S.Pd selaku pembina TPA Al-Kautsar menyampaikan sambutan sekaligus apresiasi kepada T2Q Fakultas Syariah.

“Semoga kehadiran teman-teman T2Q mampu menambah semangat anak-anak TPA Al-Kautsar agar kelak dapat istiqamah belajar al-Qur’an,” harap beliau.

Anak-anak tampak antusias mengikuti kegiatan T2Q. Terlebih saat mereka diajak menyaksikan film inspiratif terkait bahaya gadget bagi anak. Setelah menyaksikan film, T2Q memancing anak-anak untuk menceritakan isinya.

Salah seorang anak sampaikan cerita.

Salah seorang anak, bernama Agita, mencoba menyampaikan isi film yang disaksikannya. “Bermain handphone itu boleh asal tidak berlebihan,” ujar siswi kelas enam SD itu.

“Gadget juga tidak baik untuk kesehatan, terutama pandangan mata jika digunakan secara berlebihan,” tambah Luis yang duduk di kelas empat SD.

Respon anak-anak ini menandakan bahwa mereka memahami tema yang disampaikan. Selain itu mereka mampu memahami pengaruh negatif gadget terhadap semangat belajar dan membaca al-Qur’an.

Namun, T2Q juga menyampaikan beberapa hal positif gadget. Di antaranya sebagai pendukung belajar. Misalnya, gadget juga bisa dijadikan sarana untuk belajar al-Qur’an. Antara lain dengan mendengarkan murattal al-Qur’an.

Beberapa rangkain acara berjalan lancar. Setelah itu, dilanjutkan dengan kultum oleh Pengurus Masjid Al-Kautsar. Lalu berbuka puasa bersama dengan anak-anak TPA dan jama’ah.

Penulis: Aldi Bakri Alamsyah.

Related Post