Bg

Berita - IAIN Surakarta

Mahasiswa Fakultas Syariah Praktik Observasi Hilal di Pantai Klayar

5 Juli 2019
Share to:

FASYA-Rabu, 03/07/2019 sekitar 150 mahasiswa Fakultas Syariah melakukan praktik rukyatul hilal di pantai Klayar Pacitan. Mereka terdiri dari mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam, Hukum Pidana Islam dan Hukum Ekonomi Syariah (HKI 4A, HKI 4B, HPI 4A, dan HES 4I).

Rukyatul Hilal kali ini untuk melihat hilal awal bulan Zulqaidah 1440 H. Sebelum berangkat menuju pantai Klayar, para mahasiswa diberi pembekalan terlebih dahulu.

Andi Mardian, Lc., MA. selaku Kepala Laboratorium Fakultas Syariah mengawali pembekalan.

“Rukyatul Hilal merupakan implementasi teori yang sudah didapatkan di semester sebelumnya. Tujuan praktikum ini untuk membekali mahasiswa khususnya dalam bidang Ilmu Falak,”ujar Andi.

Materi pembekalan disampaikan oleh Fairuz Sabiq M.S.i. Beliau merupakan dosen Ilmu Falak sekaligus juga Ketua Laboratorium Hisab Rukyat Al-Hilal Fakultas Syariah.

Fairuz Sabiq, M.S.i. memaparkan materi Rukyat Hilal

“Berdasarkan hisab perhitungan awal bulan Zulqaidah 1440 H di pantai Klayar tinggi hilal 07° 1’ 34” dan lama hilal 0° 28’ 06”. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa hilal dapat dirukyat (terlihat), dan tanggal 1 Zulqaidah 1440 H jatuh pada Kamis Kliwon 04/07/2019,” tutur Fairuz.

Usai pembekalan mahasiswa melakukan perjalanan ke pantai Klayar Pacitan. Sekitar pukul 14.30 rombongan sampai di pantai Klayar. Pukul 16.45 para mahasiswa berkumpul untuk persiapan melihat hilal.

Mahasiwa melihat hilal dengan Theodolit

Namun, keadaan pantai yang dipenuhi bukit-bukit membuat observasi hilal kurang maksimal. Terbenamnya matahari tertutup oleh bukit dan pohon. Alhasil hilal tak tampak walaupun sudah menggunakan alat peneropong theodolit. (AFZ)