Bg

Berita - IAIN Surakarta

Untuk Pertama Kalinya, Mahasiswa Fakultas Syariah PPL di Mungkid

6 Agustus 2019
Share to:

FASYA-Sebanyak 60 mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Negeri Mungkid, Magelang. Kegiatan tersebut terbagi dalam tiga gelombang. Setiap gelombang terdiri dari 20 mahasiswa.

Mansur Efendi, S.H.I., M.Si selaku Ketua Panitia PPL/KKL Fakultas Syariah 2019 menjelaskan bahwa tahun ini penyelenggaraan PPL tidak hanya di Solo Raya, namun juga merambah kota lain seperti Yogyakarta, Ngawi, dan Mungkid.

“Hal ini dilakukan karena banyaknya jumlah mahasiswa yang mengikuti PPL, yaitu 525 orang. Sementara waktu yang disediakan untuk kegiatan PPL/KKL cukup terbatas, mulai Agustus sampai Oktober. Itulah kenapa, untuk pertama kalinya kita menyelenggarakan PPL di Mungkid ini,” terangnya.

Praktik Pengalaman Lapangan di Pengadilan Negeri Mungkid diawali dengan penyerahan mahasiswa peserta PPL. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 5 Agustus 2019 tersebut, diserahkan oleh Evi Aryani, S.H., M.H., selaku Dosen Pembimbing Lapangan dan diterima oleh Sutanto, S.H, selaku Panitera Pengadilan Negeri Mungkid.

Evi Ariyani, S.H., M.H. selaku DPL menyerahkan peserta PPL kepada Sutanto, S.H. selaku Panitera PN Mungkid secara simbolik.

Dalam kesempatan tersebut, Evi Aryani, S.H., M.H, menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam melaksanakan tugas sekaligus membangun mental dan pola pikir kreatif, inovatif dan mandiri. Selain itu juga untuk mengaplikasikan teori yang didapatkan selama perkuliahan dalam Praktik Pengalaman Lapangan.

Lebih jauh, Evi Aryani juga menambahkan bahwa target yang diharapkan dalam kegiatan PPL ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa Fakultas Syariah menjadi ahli di bidang hukum yang memiliki kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

Pada kesempatan itu Evi Aryani juga menyampaikan permohonan agar kerja sama antara Fakultas Syariah dan PN Mungkid dapat dilanjutkan pada masa yang akan datang. Selain itu, ia juga menyampaikan sosialisasi Program S2 Hukum Ekonomi Syariah.

Peserta PPL berpose di depan gedung PN Mungkid usai penyerahan.

Sementara itu, dalam sambutanya, Sutanto, S.H, menjelaskan bahwa PN Mungkid dengan senang hati menerima mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta untuk melaksanakan kegiatan PPL. “Kami akan mendukung sepenuhnya kegiatan PPL atau magang ini”, ujarnya.

PN Mungkid sendiri telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain. Berbagai kegiatan sebagai bentuk kerja sama tersebut sudah sering dilakukan.

“PPL Fakultas Syariah IAIN Surakarta ini merupakan kegiatan yang pertama kali di PN Mungkid. Kami berharap, meskipun ini yang pertama namun bukan yang terakhir,” imbuh beliau.

Lebih jauh Sutanto juga menjelaskan bahwa PN Mungkid akan berusaha membantu dalam mewujudkan tujuan dan target yang diinginkan dari PPL ini, yaitu untuk memperluas kompentensi mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

“PN Mungkid akan berusaha semaksimal mungkin mendampingi mahasiswa agar memiliki mental yang cukup, sehingga siap memasuki dunia kerja khususnya di lingkungan peradilan,” pungkasnya.

Sementara itu, pada saat bersamaan, Nurul Huda, M.Ag juga melakukan penyerahan peserta PPL di Pengadilan Agama Mungkid.

Nurul Huda selaku DPL menyerahkan peserta PPL ke PA Mungkid.

(me/ea)

Related Post