Bg

Berita - IAIN Surakarta

Dukung Akreditasi Mazawa, SLC Sajikan Praktik Sidang Semu

31 Agustus 2019
Share to:

FASYA- Pada tanggal 26/8/2019 lalu Fakultas Syariah IAIN Surakarta melakukan akreditasi untuk Program Studi (Prodi) Managemen Zakat dan Wakaf (Mazawa). Ini merupakan akreditasi yang pertama untuk prodi Mazawa.

Dalam akreditasi ini dua Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi. Mereka adalah Dr. Erina Pane, S.H., M.Hum dari UIN Raden Intan Lampung dan Dr. Mamduh M. Hanafi, M.B.A dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Lembaga Semi Otonom (LSO) Syariah Law Community (SLC) Fakultas Syariah turut mendukung penuh pelaksanaan akreditasi ini. Mereka melakukan praktik persidangan semu. Praktik tersebut bertempat di ruang sidang gedung Laboratorium lantai 3.

Pada praktik sidang semu ini, SLC mengangkat perkara hukum perdata terkait perebutan hak asuh anak. Sebanyak 8 mahasiswa membawakan peran sebagai hakim ketua, hakim anggota, panitera, penggugat, tergugat dan para saksi.

LSO SLC praktik sidang semu di gedung lab lantai 3.

Praktik tersebut dilakukan untuk mengantisipasi visitasi oleh asesor. Seperti diketahui, pada proses penilaian akreditasi, para asesor melakukan pemeriksaan baik terhadap sumber daya manusia, kemahasiswaan, kurikulum, dokumen, dan segala aspek yang mendukung dengan penuh keseriusan.

Untuk itu, semua elemen Fakultas Syariah termasuk Ormawa dan SLC berupaya mempersiapkan diri dengan maksimal demi tercapainya penilaian terbaik.

Alhamdulillah visitasi akreditasi terlaksana dengan lancar. Begitu pula dengan praktik persidangan semu yang dilakukan oleh SLC. Proses praktik persidangan dilakukan dengan baik dan berlangsung sesuai dengan peraturan persidangan yang berlaku.

Para pemeran persidangan nampak begitu serius selama proses persidangan berlangsung, hingga proses penyelesaian perkara selesai dengan dibacakannya putusan peradilan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Semoga praktik persidangan semu yang dilakukan oleh SLC tersebut turut mendukung capaian penilaian akreditasi yang terbaik bagi prodi Mazawa. Sehingga Prodi Mazawa dapat mewujudkan visi misi dan tujuannya untuk turut mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa. Amin Ya Rabbal ‘alamin. (SLC/Ghofir Surya Pranata)

 

Related Post