Bg

Berita - IAIN Surakarta

Tips Menulis Karya Ilmiah Nasional dan Internasional

8 September 2019
Share to:

FASYA– Rabu 04/09/2019 Fakultas Syariah IAIN Surakarta mengadakan Workshop Penulisan Karya Ilmiah Nasional dan Internasional. Acara yang diadakan di lantai 1 Ruang Rapat Fakultas Syariah ini menghadirkan Muhammad Yunus Anis, S.S., M.A. Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Acara ini dimoderatori oleh Evi Aryani, S.H., M.H, Dosen Fakultas Syariah.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah IAIN Surakarta Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap para dosen bisa menjadikan hasil penelitiannya untuk bisa dimuat baik di jurnal nasional maupun internasional.

Dalam paparannya, Yunus Anis yang juga merupakan reviewer jurnal terindeks Scopus ini, menjelaskan tentang langkah pertama yang harus dilakukan saat akan menulis karya ilmiah.

Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan evaluasi diri naskah saat akan menulis. “Kenali kekuatan, pahami hasil penelitian, ketahui makna temuan dan kontribusi bagi khazanah ilmu”, terangnya.

Lebih lanjut, Yunus Anis menjelaskan langkah-langkah menulis artikel ilmiah mulai dari judul, abstrak, pendahuluan, metode, hasil (results), pembahasan, kesimpulan dan referensi.

Setelah menulis artikel ilmiah, para penulis harus memilih terbitan berkala ilmiah baik nasional maupun internasional. Yunus Anis menjelaskan langkah-langkahnya. “Pelajari dua tiga nomor terbitan terakhirnya, pahami petunjuk pada penulis dan kuasai persyaratan yang dicantumkan dalam petunjuk pada penulis,” ujarnya.

Dalam closing-nya, Yunus Anis memberikan contoh elaborasi jurnal syariah, baik nasional maupun internasional. Ia juga memberikan tips ketika mengikuti seminar terindeks scopus maka harus dicek publishernya. (dw)

NB: Materi Workshop unduh di Menulis Artikel Ilmiah Nasional Internasional

Related Post