Bg

Berita - IAIN Surakarta

Ikhtiar Hasilkan Lulusan Unggul, Dekan Launching PESMA Munawir Sjadzali Tahun Ke-3

8 September 2019
Share to:

FASYA- Dekan Fakultas Syariah IAIN Surakarta Kamis 5/9/2019 siang kemarin meresmikan pelaksanaan program Pesantren Mahasiswa (Pesma) Munawir Sjadzali Tahun Ke-3. Acara ini bertempat di wisma Pesma yang beralamat di Selatan Masjid Darussalam Dusun Gerjen, Pucangan, Kartasura.

Para pimpinan di lingkungan Fakultas Syariah, pengajar, pengasuh dan pembina Pesma hadir dalam kesempatan itu. Turut hadir pula para mahasantri tahun ke-2 dan mahasantri tahun ke-3.

Pose sebagian mahasantri usai launching.

Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag selaku Dekan Fakultas Syariah mengimbau kepada para mahasantri untuk memaksimalkan kesempatan mengikuti program Pesma ini agar mereka kelak menjadi lulusan yang unggul.

“Pesma Munawir Sjadzali ini berupaya menangkap semangat salah satu pendiri IAIN Surakarta dan mantan Menteri Agama, Prof. Dr. Munawir Sjadzali, M.A untuk mencetak intelektual ulama dan ulama intelektual,” katanya.

“Silakan adik-adik mahasantri manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk memperkuat bahasa asing dan kelimuan syariah lainnya agar kelak anda menjadi lulusan unggul yang siap bersaing,” tambahnya.

Sementara K.H. Aminuddin Ihsan, Lc., M.A., selaku Penasihat Pesma mengajak mahasantri agar bersungguh-sungguh mendalami pengetahuan. Beliau juga mengingatkan agar tidak lupa mempraktikkan pengetahuan yang sudah didapat agar berkah dan berkembang.

Acara peresmian Pesma juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan. Dekan juga menyerahkan sertifikat kepada mahasantri periode ke-2 sebagai tanda telah purna mengikuti program.

Mahasantri tahun ke-2 terima sertifikat.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Fakultas Syariah, pembina, pengasuh dan para pengajar. Selain persaudaraan, banyak ilmu yang bermanfaat yang telah kami peroleh melalui kegiatan Pesma ini. Semoga Pesma ke depan semakin baik,” ujar salah satu perwakilan mahasantri angkatan ke-2 menyampaikan kesan dan pesan.

Pada kesempatan itu, Dekan juga meresmikan buletin Al-Munawwir edisi kedua. Buletin yang terbit enam bulanan itu merupakan salah satu produk praktik jurnalistik mahasantri Pesma Munawir Sjadzali Fakultas Syariah.

Launching buletin Al-Munawwir edisi kedua.

Pesma tahun ke-3 ini rencananya akan diikuti oleh 13 mahasantri putri dan 10 mahasantri putra yang menempati wisma Pesma.

Namun kegiatan harian Pesma tidak dibatasi bagi mahasantri yang mendiami wisma, tetapi juga dapat diikuti oleh mahasiswa Fakultas Syariah lainnya yang berminat sebagai mahasantri kalong (tidak menetap).

Materi kegiatan pokok Pesma pada semester ini berupa penguatan Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Jurnalistik, dan Ushul Fikih. Sedangkan materi pendukung lainnya berupa pembiasaan praktik ibadah, muraja’ah Al-Qur’an dan diskusi pemikiran hukum Islam.

Agenda peresmian Pesma ditutup dengan lantunan do’a yang dibawakan oleh Dr. Rial Fu’adi, S.Ag., M.Ag. (sh)

Related Post