Bg

Berita - IAIN Surakarta

CDP Fakultas Syariah Bekali Calon Wisudawan Training Motivasi dan Pengembangan Diri Pasca Studi

5 Oktober 2019
Share to:

FASYA- Kamis (3/10/2019), Fakultas Syariah IAIN Surakarta kembali menyelenggarakan acara Career Development Program (CDP). CDP kali ini mengangkat tema, “Training Motivasi dan Pengembangan Diri Pasca Studi, Build Your Self-Confidence To be a Competent Graduate”.

Bertempat di Ruang Rapat Fasya Lantai I, acara ini dihadiri oleh 176 calon wisudawan dan wisudawati Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Hukum Pidana Islam (HPI). Turut pula hadir Dekan Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag, Wakil Dekan III Sidik, S.Ag., M.Ag dan juga para Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan serta Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian di lingkungan Fakultas Syariah.

Dalam sambutannya, Dekan mengatakan bahwa dengan selesainya masa studi dan akan diwisuda besok Ahad, 6 Oktober 2019, Fakultas Syariah mengucapkan selamat kepada calon wisudawan dan wisudawati. “Melalui acara ini, Fakultas akan membekali informasi terkait hal-hal pasca studi dan juga tips-tips menghadapi dunia kerja ataupun untuk studi lanjut”, terangnya.

CDP kali ini menghadirkan Abdullah Rabbani, S.E., M.M sebagai pembicara. Ustadz Rabbani, demikian beliau biasa disapa, adalah Komisaris Utama PT. BPR Syari’ah Dana Amanah Surakarta. Beliau juga founder dan Owner beberapa biro Haji dan Umroh, pendiri pondok pesantren Ar-Rayyan serta owner beberapa usaha lainnya. Adapun selaku moderator adalah Lutfi Rahmatullah, S.Th.I., M. Hum yang juga merupakan Dosen Fakultas Syariah.

Abdullah Rabbani sampaikan materi

Dalam paparannya, Abdullah Rabbani mengawali penjelasan tentang “The Power Of Dream”. “Untuk menjadi orang yang hebat, seseorang harus punya mimpi besar dan juga keyakinan yang kuat dalam mewujudkannya.” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan tentang kunci sukses untuk meraih impian dan cita-cita. Di antaranya yaitu disiplin dalam beribadah, menjaga kejujuran, birrul walidain, bijak memanfaatkan waktu, bijak dalam bergaul serta optimis dan percaya diri.

“Dalam menghadapi persaingan pasca studi, perlu adanya rasa percaya diri yang tinggi para pencari kerja dengan bekal keilmuan dan kompetensi yang dimiliki”, pungkasnya.

Rangkaian acara ini ditutup dengan seremoni pelepasan wisuda. Pelepasan wisudawan diawali dengan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi.

Lulusan Terbaik Tkt. Fakultas

Penghargaan kategori lulusan Terbaik Tingkat Fakultas diberikan kepada Alimmatul Ghoiriyah, Prodi HES. Ia juga meraih kategori Cumlaude dan Terbaik Tingkat Prodi HES dengan IPK 3,77. Sedangkan lulusan Terbaik Prodi HKI diraih oleh Syahrul Mubarok (alm.) dengan IPK 3,70. Sementara mahasiswa lulusan Terbaik Prodi HPI disematkan pada Alfina Rizkiani dengan IPK 3,68.

Lulusan Terbaik Prodi

Adapun penghargaan kategori nilai skripsi terbaik diberikan kepada Danu Tri Atmojo dengan nilai 92,25 (A+) dari prodi HKI. Skripsi dengan nilai terbaik prodi HES diraih oleh Annisa Rifka Aryani dengan nilai 91,76 (A+) dan Wahyu Widi Astuti dengan nilai 89,20 (A) dari prodi HPI.

Skripsi Terbaik

Penghargaan terakhir, yakni untuk mahasiswa berprestasi lainnya. Di antaranya yaitu kategori “Berprestasi Minat dan Bakat” atas nama Oktivia Alamanda Istiqomah (HKI). Kategori “Aktif Menulis Artikel dan Konferensi Ilmiah” atas nama Abdul Rahman Prakoso (HES). Kategori “Penerima Beasiswa BI Terbanyak” atas nama Nurul Muttaqin (HKI).

Terbaik Lainnya

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan melepas balon udara di halaman depan Gedung Pendidikan Fasya. Seluruh calon wisudawan dan wisudawati beserta seluruh panitia dan jajaran pimpinan Fakultas Syariah berfoto bersama.

Calon wisudawan wisudawati

Sesi ini sekaligus sebagai simbol pelepasan para wisudawan. Selamat berkarya para wisudawan Fasya, Build Your Self-Confidence!!! Semoga impian selanjutnya dapat tercapai. (dw)

Related Post