Bg

Berita - IAIN Surakarta

Geliat Pesma Munawir Sjadzali Fakultas Syariah Angkatan Ke-3, Gabung Yuk

5 Oktober 2019
Share to:

FASYA- Kegiatan Pesantren Mahasiswa (Pesma) Munawir Sjadzali Fakultas Syariah IAIN Surakarta angkatan ke-3 telah bergulir sejak dilaunching pada awal September 2019 lalu.

Pesma Munawir Sjadzali Fakultas Syariah hadir dengan tujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang bahasa Arab, bahasa Inggris, penalaran hukum Islam dan jurnalistik/kepenulisan.

Selain itu, Pesma yang saat ini berada di bawah koordinasi Diana Zuhrah, S.Ag., M.Ag ini, juga bertujuan menanamkan dan membiasakan praktik ibadah dan keagamaan sehari-hari.

Melalui sejumlah program tersebut diharapkan akan dihasilkan Sarjana Hukum (S.H) yang memiliki nilai plus. Mereka diharapkan menguasai bahasa asing, penalaran hukum Islam, jurnalistik dan kepenulisan, serta kepribadian dan akhlak yang baik.

Pada semseter ganjil ini, para peserta dibimbing oleh para Dosen dan alumni Fakultas Syariah guna mempelajari beberapa materi.

Materi Bahasa Inggris dibimbing oleh Putu Widhi Iswari, S.E., M.SM., Dosen Fakultas Syariah. Sedang materi Bahasa Arab dibimbing oleh Ahmad Jalal, S.H., advokat dan alumni Fakultas Syariah.

Pembelajaran bahasa Inggris.

Adapun materi Penalaran Hukum Islam (Ushul Fikih) dibimbing oleh K.H. Aminuddin Ihsan, Lc., M.A., Dosen Fakultas Syariah sekaligus Penasihat Pesma. Materi Fikih (Fathul Qarib) dibimbing oleh Sulhani Hermawan, S.Ag., M.Ag.

Sementara materi Jurnalistik/Kepenulisan diasuh oleh M. Taufik Kustiawan, S.H., alumni Fakultas Syariah dan mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pembelajaran jurnalistik dan kepenulisan

Pola pembelajaran dirancang dengan komunikatif, ringan dan menyenangkan. Masing-masing kegiatan tersebut dilaksanakan setelah Isya’ setiap hari Senin sampai Kamis bertempat di Asrama Pesma Munawir Sjadzali yang berdomisili di Selatan Masjid Darussalam Gerjen Pucangan Kartasura.

Mahasantri angkatan ke-3

Selain program pokok sebagaimana disebutkan, Pesma Fakultas Syariah juga membimbing peserta untuk membaca dan muraja’ah (mengulang) hafalan Al-Qur’an.

Bertindak selaku pembimbing lapangan terkait hal ini adalah Deviyana Khoiratul Iswiyah, Mahasiswa Fakultas Syariah.

Program-program Pesma tersebut tidak hanya terbatas untuk mahasantri yang tinggal di asrama, tetapi juga terbuka untuk seluruh mahasiswa Fakultas Syariah. Bagi yang berminat mengikutinya, cukup bergabung datang ke Pesma dan belajar bersama. Ditunggu kedatangannya. (sh)

Related Post