Bg

Berita - IAIN Surakarta

Gagas Ekonomi Dan Lingkungan, Mahasiswa Fakultas Syariah Raih Juara Lomba Artikel Populer Nasional

25 Oktober 2019
Share to:

FASYA-Rabu, (16/10/2019) tepatnya di Hall Gedung C Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang telah berlangsung rangkaian acara Emotion 2019 dengan mengusung tema Environomy (Better Environment for The Great Economy).

Acara Seminar Nasional dan Talkshow ini sekaligus Launching Majalah Edents Vol. 2 Edisi XXXI dan penyerahan penghargaan kepada pemenang Lomba Artikel Populer.

Dr. Sri Sumiyati, S.T., M.Si (Dosen Teknik Lingkungan FT UNDIP), Fitria Cahya Ningtias (Denok Semarang 2018) dan Irma Damayanti (Staf Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan Provinsi Jawa Tengah) hadir sebagai pembicara yang dipandu oleh moderator M. Adhitya Ramadhani (Ketua Bidang Somaliah BEM FEB UNDIP).

Mengusung isu yang hangat diperbincangkan yakni relevansi ekonomi dan lingkungan, acara ini menjadi penting untuk menanamkan mindset pada generasi muda untuk lebih peduli terhadap isu-isu sosial disekitarnya.

Dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan, rangkaian acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada tiga besar juara Lomba Artikel Populer.

Bintan Rahayu Anisah, mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) IAIN Surakarta berhasil mendapatkan juara 2 dalam lomba ini dengan artikelnya berjudul “Membidik Ekonomi Sirkuler dalam Pengelolaan Sampah Plastik Nasional”.

Sertifikat kepada Bintan Ayu Anisah sebagai juara 2

Sementara juara 1 didapat oleh mahasiswa Universitas Pertamina, dan juara 3 diraih oleh tuan rumah sendiri, Universitas Diponegoro.

Dalam artikelnya, Bintan menuliskan terkait pengelolaan sampah plastik yang belum optimal. Dalam pengelolaan sampah nasional diperlukan keseriusan dan kemapanan tiap unsur yang terlibat untuk secara aktif mendayagunakan sampah yang dapat ditempuh salah satunya dengan ekonomi sirkuler.

“Kedepannya diharapkan forum-forum demikian semakin gencar dilaksanakan, baik melalui seminar, talkshow maupun aksi nyata yang melibatkan masyarakat umum misalnya bank sampah”, ujar Bintan.

“Alhamdulillah sekali dapat juara 2. Semoga kedepan semakin lebih baik dan lebih baik lagi”, tutur Bintan.  (Bintan RA)

Related Post