Bg

Berita - IAIN Surakarta

LSO LIRIK Dan FATAWA Bedah Buku Cinta Negeri Ala Gus Mus

28 Oktober 2019
Share to:

FASYA– Jumat, (25/10/2019) Lembaga Semi Otonom (LSO) Literasi, Riset dan Jurnalistik (LIRIK)  bekerja sama dengan Lembaga Semi Otonom (LSO) Forum Fatwa Mahasiswa (FATAWA) Fakultas Syariah IAIN Surakarta menggelar kegiatan rutin mingguan, Obrolan Buku dan Diskusi bersama.

Bertempat di serambi Fakultas Syariah, hadir anggota LSO LIRIK serta FATAWA dan juga oleh sekitar 20 mahasiswa lainnya lintas jurusan Fakultas Syariah.

“Ini merupakan kolaborasi antar LSO pertama kali di lingkungan Fakultas Syariah”, ujar Ketua Umum LSO LIRIK.

Para peserta Obrolan buku “Cinta Ngeri Ala Gus Mus”

Buku yang diobrolkan kali ini berjudul “Cinta Negeri Ala Gus Mus”. Buku ini adalah karya M. Zidni Nafi. Ketua Umum LSO FATAWA, Nurul Ahmad tampil sebagai pengisahnya.

“Penulis menceritakan sosok K.H. Ahmad Musthofa Bisri atau biasa disebut Gus Mus, ulama yang bertahan pada keistiqamahnya mempertahankan Islam Rahmatan Lil Alamin yang telah menjadi bagian besar dengan Negara Kesatuan Repubik Indonesia”, Ahmad memulai kisahnya.

“Khas kiai Nahdlatul Ulama yang sederhana namun penuh akan khasanah keilmuan agama. Bagi Gus Mus, dalam beragama yang paling terpenting itu esensinya, pengamalannya”, Ahmad melanjutkan.

Penulis merangkum momen-momen ke-NU-an Gus Mus dalam buku yang menjadi diskusi sore itu. Gaya penyampian dakwah Gus Mus yang sederhana tak bertele-tele namun orang dengan mudah dapat memahami diceritakan dengan lengkap dalam buku itu.

Bahwa kesederhanaan dan kerendah-hatian ulama yang telah membudaya sejak dulu dengan generasi milenial zaman now yang cenderung grusah-grusuh dan mulai kehilangan akar keagamaan yang ramah dengan agama lain, ujar Ahmad mengakhiri kisahnya.

Para peserta tampak antusias mengikuti obrolan ini sampai selesai. Semoga Obrolan buku ini akan terus dilakukan oleh LSO LIRIK dan FATAWA sebagai ajang untuk tetap menjadikan khasanah keilmuan agama dan buku sebagai ruh keilmuan di tengah sumber informasi online yang mudah didapatkan. (Firda/LIRIK)

Related Post