Bg

Berita - IAIN Surakarta

Tim Debat Hukum Fakultas Syariah Tampil Memukau di Kompetisi Debat Hukum Tingkat Nasional

21 November 2019
Share to:

FASYA–Ahad, (17/11/2019) Tim debat hukum Fakultas Syariah IAIN Surakarta ikut serta dalam ajang kompetisi debat hukum dalam event UIN Law Fair 2019 yang berlangsung di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kompetisi tersebut berlangsung selama 3 hari sejak 15–17/11/2019. Dalam menghadapi ajang kompetisi bergengsi itu, Tim debat hukum Fakultas Syariah tampil dengan sebaik-baiknya dengan menghadapi 19 universitas yang ternama di Indonesia yang ikut serta dalam kompetisi tersebut.

UIN Law Fair 2019 ini menyelenggarakan dua kompetisi yaitu kompetisi debat hukum dan kompetisi lomba karya tulis ilmiah yang diadakan tingkat Nasional. UIN Law Fair merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tim Debat Fakultas Syariah in action

Dalam penyelenggaraan kompetisi ini bekerjasama dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Sehingga dalam kompetisi bergengsi ini memperebutkan Piala Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Penyelenggaraan tahun ini mengusung tema “Kedaulatan Rakyat sebagai Wujud Pembangunan Politik Hukum Nasional dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Tema ini diambil dari perkembangan teknologi informasi yang sedang berkembang pesat saat ini. Dalam penerapan revolusi industri 4.0 peradaban telah melahirkan berbagai inovasi berbagai macam sistem yang menggunakan teknologi elektronik.


Ajang kompetisi bergengsi ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk menegakkan konstitusi yang berlandaskan filosofis nilai-nilai Pancasila dan dapat ikut serta dalam pembangunan hukum nasional dengan adanya perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0 saat ini.

Tim debat hukum Fakultas Syariah telah melakukan persiapan yang matang selama kurang lebih satu bulan penuh. Dalam persiapan tersebut tim debat hukum dibimbing secara intensif oleh beberapa pembimbing diantaranya adalah Fery Dona, S.H., M.H selaku official team.

Dalam berlatih setiap harinya dibimbing oleh Mustain Nasoha, S.H., M.H., Ahmad Zia Khakim, S.H., Nur Sholihin, S.H., serta bimbingan dari Ibu dosen dan kakak tingkat yang senantiasa membantu kami dalam mempersiapkan mosi perdebatan.

Selama berlangsungnya kompetisi debat hukum ini terdapat 16 universitas ternama di Indonesia yang mengikuti ajang kompetisi debat hukum. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan sistem grup atau chamber, dari ke 16 tim dibagi menjadi 4 chember dari chember A sampai chember D.

Tim debat Fakultas Syariah IAIN Surakarta masuk dalam chember A yang terdiri dari IAIN Surakarta, UIN Bandung, Universitas Tarumanegara, dan UIN Malang. Selama berlangsungnya kompetisi tim Debat hukum fakultas syariah dapat tampil memukau walaupun belum dapat lolos ke babak semifinal tetapi dapat mengalahkan tim debat dari UIN Bandung dan dapat setara dengan Universitas Tarumanagara. Sedangkan dalam chember kami UIN Malang yang lolos ke babak selanjutnya.

Dalam babak semifinal ke-empat chamber masing-masing dimenangkan oleh UIN Malang, Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, dan Universitas Sriwijaya. Babak pertama hingga babak semifinal terakhir berlangsung dengan sengit antara ke-empat tim tampil dengan sebaik-baiknya. Hingga akhirnya babak final dimenangkan oleh Universitas Airlangga dan Universitas Sriwijaya. Dan akhirnya juara umum dimenangkan oleh Universitas Airlangga.

“Kami selaku Tim debat Fakultas syariah IAIN Surakarta dengan semangat totalitas sudah memberikan penampilan sebaik mungkin dan dapat membuktikan bahwa IAIN Surakarta dapat bersaing di ranah nasional”, ujar Ghofir.

“Kami dari tim debat juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Dekan, Dr.Aris Widodo, S.Ag., M.A., selaku Wakil Dekan III, dan kepada Bapak/Ibu dosen yang telah memberikan support kepada kami secara maksimal”, kata Novi menambahkan.

“Tak lupa kepada Panitia pelaksana kegiatan yang telah melaksanakan kegiatan dengan baik, serta LO yang senantiasa mendampingi kami, Semoga tim debat kedepannya dapat mengikuti kompetisi-kompetisi debat hukum lainnya dan dapat mengharumkan nama baik IAIN Surakarta di tingkat Nasional maupun Internasional”, ucap Kintan.
(Ghofir SP/Novi/Kintan/Wara/Dilla)

Related Post