Adakan Makrab 2018, Dema: “Dari Fasya untuk Bangsa”

Makrab Fasya
Bagikan

FASYA – Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah IAIN Surakarta dijadwalkan mengadakan acara Malam Keakraban Fakultas Syariah (Makrab Fasya) 2018 dengan tema “Merajut Masa Depan Fakultas Syariah dalam Sinergi dan Harmoni” pada Minggu 26 Agustus 2018 dan mengambil tempat di Pantai Sundak, Gunung Kidul.

Pendaftaran Makrab dibuka sehari setelah berakhirnya Pengenalan Budaya Akadekik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Surakarta, yaitu pada 16 Agustus 2018 dan ditutup pada 23 Agustus 2018. Antusiasme mahasiswa baru (Maba) Fasya sangat tinggi, jauh melebihi ekspektasi panitia penyelenggara. Jumlah Maba yang resmi mendaftar berada di angka 575. Semangat dan antuasiasme Maba Fasya untuk lebih mengenal kolega sejawatnya patut diapresiasi.

Pada Jum’at 24 Agustus 2018 diadakan technical meeting, membahas apa yang perlu dipersiapkan peserta saat mengikuti Makrab. Technical meeting akan dilaksanakan di lapangan futsal IAIN Surakarta pada pukul 16.00 WIB. Oleh karena jauhnya lokasi pelaksanaan Makrab (di Pantai Sundak, Gunung Kidul), ada banyak hal yang harus dipersiapkan Maba maupun panitia penyelenggara. Dari mulai pakaian, obat-obatan pribadi, serta makanan ringan.

Agenda kegiatan utama saat Makrab adalah pengenalan Ormawa (Organisasi Mahasiswa) Fakultas Syariah kepada Maba. Ini dilakukan dalam rangka memupuk minat dan antusiasme mahasiswa akan organisasi kemahasiswaan yang paling dekat mereka, selain ormawa tingkat institut yang jangkauannya lebih luas.

Organisasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mahasiswa. Tanpa keterlibatan di organisasi, mahasiswa hanyalah seorang ‘siswa biasa’ yang tak tahu harus berbuat untuk hidupnya, baik di dalam maupun di luar kampus. Mengapa? Karena kehidupan perkuliahan di kampus adalah laboratorium mini yang menempa kemandirian dan kedewasaan mahasiswa sebelum mereka terjun di masyarakat.

Selain pengenalan Ormawa, agenda kegiatan “Fasya Talent” juga tak kalah pentingnya. “Fasya Talent” ditujukan untuk melihat bakat-bakat terpendam Maba sekaligus menangkap minat-minat unik mereka yang barangkali perlu dukungan dan perhatian khusus dari panitia penyelenggara (merangkap sebagai kakak tingkat dan perwakilan Dema Fasya).

“Makrab sebagai tradisi mahasiswa baru fakultas syariah harus diuri-uri. Tujuan utama diadakannya Makrab selain memupuk rasa kekeluargaan di kalangan mahasiswa baru fakultas Syariah adalah agar mahasiswa baru bangga dengan Fakultas Syariah IAIN Surakarta. TANGAN TERKEPAL MAJU KE MUKA! DARI FASYA UNTUK BANGSA!” Berikut pernyataan Ketua Panitia Makrab Fasya 2018, Ilham Makruf Safi’i.

Besar harapan panitia, semoga Makrab Fasya 2018 dapat berjalan dengan lancar dan pelaksanaannya dapat meningkat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. (ira/afd)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *