Akreditasi Perdana, Prodi Mazawa Optimis Raih Hasil Yang Terbaik

Akreditasi Perdana, Prodi Mazawa Optimis Raih Hasil Yang Terbaik
Bagikan

FASYA – Senin 26/08/2019 lalu, Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) Fakultas Syariah IAIN Surakarta diakreditasi. Akreditasi ini merupakan akreditasi perdana bagi Prodi Mazawa. Pada akreditasi kali ini, ada dua Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang melakukan visitasi. Mereka adalah Dr. Erina Pane, S.H., M.Hum dari UIN Raden Intan Lampung dan Dr. Mamduh M. Hanafi, M.B.A dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Surakarta Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. mengapresiasi kerja Fakultas Syariah dalam menyiapkan akreditasi perdana ini. Akreditasi ini adalah bentuk pertanggungjawaban Prodi terhadap lembaga. Mudah-mudahan berkontribusi untuk tujuan standar yang diperlukan lembaga.

Akreditasi Perdana, Prodi Mazawa Optimis Raih Hasil Yang Terbaik
Tim Akreditasi abadikan diri bersama asesor.

Saat acara berlangsung, Dr. Erina Pane tampak serius menanyakan dan memeriksa satu persatu dokumen borang Prodi Mazawa yang memuat 7 standar yang dinilai. Mulai dari Visi Misi, Tata Pamong, Kemahasiswaan, Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Pembiayaan dan Sarpras serta Penelitian, Pengabdian dan Kerja Sama.

Sekjur Mazawa, Diana Zuhroh, M.Ag mampu menjelaskan dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Dr. Erina Pane. Begitu juga dengan para tim penyelia borang, mereka dengan cepat dan tepat menunjukkan bukti dokumen yang diminta oleh asesor.

Akreditasi Perdana, Prodi Mazawa Optimis Raih Hasil Yang Terbaik
Sekjur Mazawa menerima berita acara visitasi dari asesor

Tidak jauh berbeda dengan borang Prodi, tim borang fakultas pun mampu menunjukkan dokumen yang dibutuhkan oleh Asesor (Dr. Mamduh). Dekan dan para Wakil Dekan pun tak kesulitan menanggapi pertanyaan-pertanyaan asesor.

Di akhir penutupan akreditasi, selaku Asesor Erina Pane menyampaikan bahwa setelah dilakukan penilaian, bukti fisik yang menjadi komponen pendukung keterangan yang diisi dalam borang sudah sangat lengkap. Meskipun demikian, katanya, tetap perlu ditingkatkan terus dalam pelaksanaannya.

Akreditasi Perdana, Prodi Mazawa Optimis Raih Hasil Yang Terbaik Akreditasi Perdana, Prodi Mazawa Optimis Raih Hasil Yang Terbaik

Mahasiswa Mazawa dan Ormawa Fakultas Syariah sukseskan pelaksanaan akreditasi.

Proses penilaian berlangsung hingga sore. Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara visitasi dan hasil penilaian akreditasi yang akan diserahkan ke BAN PT. Selanjutnya serah terima berita acara dilakukan oleh Asesor kepada Sekjur Mazawa dan Dekan Fakultas Syariah.

Dekan Fakultas Syariah bersyukur atas terlaksananya akreditasi ini. “Alhamdulillah, Akreditasi Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Terima kasih atas dukungan semua pihak. Semoga Prodi Mazawa mendapatkan nilai yang terbaik dan sesuai  harapan,” harapnya. Aamiin. (dw)

 

 

 

 


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *