Angkat Topik Tentang Hak Cipta, Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti International Conference

Angkat Topik Tentang Hak Cipta, Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti International Conference
Bagikan

FASYA-(06/04/2021) Saya Anissa Widiyastuti mahasiswi Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Saya akan membagikan pengalaman saya mengikuti acara International Conference on Syariah & Law (ICONSYAL) 2021 yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah IAIN Surakarta, bekerja sama Kolej Universiti Islam Antarbangsa Selangor (KUIS) dan Princess of Naradhiwas University (PNU) Thailand bertemakan “Syariah and Law : An Impetus of Environmental Sustainability”.

Berawal ketika melihat story Whatsapp Roudlotul Jannah, muncul keinginan untuk mencoba meskipun terselimut rasa pesimis karena ini event internasional sehingga saya pikir harus menguasai setidaknya bahasa inggris atau bahasa arab.

Angkat Topik Tentang Hak Cipta, Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti International Conference

Kemudian saya meminta arahan dari Dr. Aris Widodo, M.A selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Syariah, beliau menyampaikan event tersebut boleh menggunakan bahasa Indonesia, Melayu, Inggris, Arab ataupun Thai. Setelah saya mendengar itu saya bersemangat untuk mencoba meskipun ini kali pertamanya saya mengikuti event bergengsi tersebut.

Saya menulis paper berjudul “Fenomena Streaming Film Gratis Di Kalangan Mahasiswa Perspektif Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Fatwa DSN-MUI Nomor 1/MUNAS VII/MUI/5/2005 Tentang Hak Kekayaan Intelektual”. Saat saya mengirimkan abstrak paper, saya tidak berharap lebih untuk lolos seleksi karena memang menurut saya itu event besar dan memiliki seleksi yang ketat.

Angkat Topik Tentang Hak Cipta, Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti International Conference

Akan tetapi, Alhamdulilah puji syukur kepada Allah SWT. Saya lolos seleksi abstrak dan diminta mengirimkan full paper paling lambat 24 Maret 2021. Saat membuat paper saya bersungguh-sungguh untuk mendapatkan tulisan yang layak untuk dipresentasikan. Dengan mencari berbagai referensi terkait dengan judul yang saya angkat. Dan Alhamdulillah lagi paper saya dapat selesai sesuai hari yang telah ditentukan.

Setelah pengiriman full paper saya membuat video presentasi dengan durasi 10 menit. Saat membuat video tersebut saya membuatnya sebaik mungkin dan saya usahakan penyampaian saya dapat diterima mudah oleh audient nantinya, lalu saya mengirim video tersebut ke panitia melalui google drive.

Di hari pelaksanaan, pada pagi harinya terlebih dahulu saya mengikuti penyampaian dari para Keynotes Speaker, yang salah satunya adalah Prof. Dr. Mudofir, M.Pd, Rektor IAIN Surakarta.

Usai mengikuti agenda tersebut, setelah istirahat tiba saatnya hari untuk presentasi paralel dan saya mendapat sesi pertama di room 4 pada jam 14.15-15.15 waktu Malaysia yang dimoderatori oleh Puan Zaini Yusnita Mat Jusoh.

Angkat Topik Tentang Hak Cipta, Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti International Conference

Saat presentasi paralel saya merupakan presenter keempat dari lima presenter. Presentasi saya menggunakan video yang saya buat sebelumnya. Dan Alhamdulilah saya mendapat pujian dari moderator yakni Puan Zaini Yusnita Mat Jusoh karena penyampaian saya lugas dan jelas serta mengangkat tema yang menarik yakni Hak Cipta yang belum banyak yang “notice” mengenai tema tersebut.

Dan akhirnya presentasi paralel sesi saya berakhir dengan baik dan lancar. Ini merupakan suatu pengalaman saya yang tidak akan pernah saya lupakan. Bagi saya “Ketidakmungkinan adalah urusan manusia, tapi segala mungkin itu karena Allah Azza Wa Jalla”. Sekian. (Anissa Widiyastuti/Ed.afz)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *