Bersama IKA, Fakultas Syariah Perkuat Organisasi Alumni dan Bekali Bimtek CPNS

Bersama IKA, Fakultas Syariah Perkuat Organisasi Alumni dan Bekali Bimtek CPNS
Bagikan

FASYA- Fakultas Syariah IAIN Surakarta bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Syariah pada Sabtu, 14/09/2019 kemarin mengadakan kegiatan Penguatan Organisasi Alumni sekaligus Pembekalan Teknis Tes CPNS.

Bertempat di Gedung Pendidikan Fakultas Syariah Lt. 1, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 60 peserta. Mereka terdiri dari alumni  Fakultas Syariah lulusan tiga tahun terakhir (2017, 2018, dan 2019).

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk konsolidasi pengurus IKA. Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi antar-alumni dan antar-alumni dengan pengurus IKA. Melalui silaturahmi ini diharapkan IKA ke depan dapat lebih maksimal dan dapat diperkuat juga oleh SDM fresh graduated,” terang Sidik, S.Ag., M.Ag selaku Wakil Dekan III mengawali kegiatan.

Selain itu, menurut WD III, acara ini dimaksudkan pula untuk membekali  kesiapan teknis bagi alumni guna mengikuti seleksi CPNS yang kemungkinan akan diadakan oleh pemerintah pada tahun ini.

Tampil sebagai pemateri penguatan organsiasi alumni, Ari Santoso, SH Humas IKA Fakultas Hukum UNS. Dimoderatori oleh Zaenal Aripin, S.Sy., ia menyampaikan hal-hal terkait manajemen organisasi alumni.

Sebagai organisasi yang baru dirintis, IKA menurutnya sebaiknya dikelola oleh beberapa orang yang punya komitmen kuat untuk menghidupkan organisasi. Pengurus, lanjutnya, harus pintar-pintar mencari momentum untuk menggaungkan eksistensi organisasi.

Dengan begitu, lanjutnya, lama kelamaan eksistensi IKA pasti akan makin dikenal. “Adakan, misalnya, kegiatan temu alumni pada momen Idul Fitri dan momentum lainnya,” katanya mencontohkan.

Bersama IKA, Fakultas Syariah Perkuat Organisasi Alumni dan Bekali Bimtek CPNS Bersama IKA, Fakultas Syariah Perkuat Organisasi Alumni dan Bekali Bimtek CPNS Bersama IKA, Fakultas Syariah Perkuat Organisasi Alumni dan Bekali Bimtek CPNS Bersama IKA, Fakultas Syariah Perkuat Organisasi Alumni dan Bekali Bimtek CPNS

Berturut-turut dari foto pertama, para pemateri CAT (Sigit, Lisma, dan Roby) dan moderator (Danu).

Sementara sesi bimbingan teknis tes CPNS yang dimoderatori oleh Danu Aris Setiyanto, S.Sy., M.Ag, menghadirkan Sigit Arif Wibowo, M. Pd, Lisma, SH., MH dan Joko Roby Prasetiyo, M.Ag sebagai pemateri. Ketiganya adalah Dosen pada Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Masing-masing menyampaikan kisi-kisi menjawab soal tes CPNS berbasis Computer Assisted Test (CAT). Mereka juga menyampaikan simulasi singkat menjawab materi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Agar sukses menaklukkan soal-soal CAT, kenali karakternya dan latihanlah secara rutin,” ujar Roby memotivasi. (sh)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *