Dialog Jurnalistik, Membangun Kreativitas Mahasiswa dalam Dunia Tulis Menulis Jurnalistik Online

Dialog Jurnalistik, Membangun Kreativitas Mahasiswa dalam Dunia Tulis Menulis Jurnalistik Online
Bagikan

FASYA – Kamis (19/04), Fakultas Syariah IAIN Surakarta mengadakan acara Dialog Jurnalistik yang bertempat di Lantai III Ruang Rapat Fakultas Syariah. Kegiatan tersebut menghadirkan Rosidi, Staff Humas Universitas Muria Kudus dan owner media bekanews.com. Beliau secara khusus memberikan teknik-teknik dalam menulis berita yang baik dan benar, juga memotivasi sekitar 60 mahasiswa Fakultas Syariah yang hadir, baik perwakilan dari Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) maupun dari perwakilan masing-masing kelas Fakultas Syariah agar termotivasi menulis, melalui kisah-kisahnya dalam menulis maupun dari tokoh lain yang sangat menginspirasi.

Dekan Fakultas Syariah Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag. sangat mendukung acara ini, sebab acara tersebut dapat menambah wawasan mahasiswa tentang jurnalistik. “Ketika kamu belum bisa menulis, maka paksalah untuk menulis. Dan ketika kamu sudah menulis, maka kamu tidak akan bisa berhenti,” tambahnya.
Dialog jurnalistik yang dimoderatori oleh Winarto, S.THI., M.Si. ini berjalan dengan sangat apik, para peserta dialog saling berdiskusi dan mengeluarkan pendapatnya secara berkelompok. Sanggahan, masukan dan juga pertanyaan pun terlontarkan saat acara berlangsung. Peserta terlihat sangat antusias dengan dialog ini.

Dengan diselenggarakannya acara ini bertujuan supaya mahasiswa mahir dalam kepenulisan jurnalistik online. Media online saat ini sangat merajalela karena mudahnya untuk diakses, terkhusus untuk para remaja yang notabene sangat akrab dengan handphone di era digital ini. Banyaknya berita hoax dan ujaran kebencian yang beredar, mahasiswa haruslah pandai dalam memilah-milahnya dan turut berkontribusi dengan menulis berita yang baik dan benar.

Selanjutnya, setelah mengikuti Dialog Jurnalistik ini para mahasiswa dimasukkan dalam program Literasi Riset dan Jurnalistik (LIRIK) untuk dibimbing dalam bidang jurnalistik. Mahasiswa akan dibimbing oleh dosen-dosen yang berpengalaman di bidang jurnalistik yaitu Ahmadi Fathurrohman Dardiri, M.Hum. dan Winarto, S.THI., M.Si. (Roudhotul Jannah)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *