Diskusi Hukum di Gedung DPRD Tandai Rekrutmen Anggota dan Pelantikan Pengurus SLC 2018/2019

Diskusi Hukum di Gedung DPRD Tandai Rekrutmen Anggota dan Pelantikan Pengurus SLC 2018/2019
Bagikan

Minggu (11/2) LSO Syariah Law Community (SLC) Fakultas Syariah IAIN Surakarta mengadakan acara pelantikan pengurus sekaligus open rekrutmen anggota baru periode 2018/2019. Acara yang bertempat di ruang Banggar DPRD Surakarta mulai pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh Wakil Dekan III (WD III), Dema dan perwakilan HMJ di lingkungan Fakultas Syariah. Dalam sambutannya, WD III menyampaikan bahwa LSO SLC memiliki peran penting untuk mengembangkan kemampuan  mahasiswa Fakultas Syari’ah di bidang hukum. Ini karena melalui SLC mahasiswa tidak hanya belajar tentang teori melainkan juga mampu menguasai praktik hukum.

img-20180220-wa0008

img-20180219-wa0020

Beliau juga menambahkan bahwa “alumni syari’ah harusnya tambah percaya diri dengan gelar Sarjana Hukum (SH). Ini karena selain berkompeten dalam hukum Islam, mereka juga menguasai hukum positif”. Setelah menyampaikan sambutan, WD III juga mendampingi pembacaan ikrar kepengurusan sekaligus pelantikan yang disaksikan oleh anggota baru dan para tamu undangan.

img-20180220-wa0006

Pada acara ini SLC mengundang AKP Nur Affandi, S.H, M.H dari SATLANTAS POLRESTA Surakarta sebagai pemateri. Beliau memaparkan tentang hukum lalu lintas. “Permasalahan lalu lintas tidak bisa terpisahkan lagi karena transportasi sekarang sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Permasalahan lalu lintas muncul karena adanya pelanggaran oleh pengendara yang berpotensi kecelakaan padahal sudah ada Undang-Undang yang mengaturnya yaitu UU Lalu Lintas No. 14 Tahun 1992 jo. UU Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009” ujar beliau.

img_7521

SLC juga menghadirkan Dosen Fakultas Syariah IAIN Surakarta, Abdullah Tri Wahyudi, S.Ag, S.H. Beliau menyampaikan persoalan hukum terkait advokasi khususnya sejarah, ruang lingkup, serta tata cara advokasi. Hadir pula pada kegiatan ini Dosen Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Wardah Yuspin, Ph.D yang memaparkan aspek-aspek terkait ekonomi syariah.

img-20180219-wa0024

img_7644-copy

Sementara Dewi, Ketua SLC 2018, di akhir acara menuturkan melaui rangkaian acara pelantikan, open rekrutmen dan diskusi ini diharapkan pengurus dan anggota baru dapat saling bersinergi dalam kegiatan-kegiatan SLC ke depan, sehingga SLC dapat turut menguatkan kompetensi mahasiswa di bidang praktik hukum. (Risma/SLC)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *