Dosen Fakultas Syariah Narasumber Kegiatan Peningkatan Koordinasi dan Komunikasi Politik Jawa Tengah

Dosen Fakultas Syariah Narasumber Kegiatan Peningkatan Koordinasi dan Komunikasi Politik Jawa Tengah
Bagikan

FASYA-Bertempat di Hotel Indah Palace Solo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Koordinasi dan Komunikasi Politik Bagi Masyarakat Provinsi Jawa Tengah. Acara yang digelar pada Senin, 29/4/2019 tersebut mengangkat tema “Komunikasi Politik Yang Efektif Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Mansur Efendi, M.Si yang merupakan salah satu Dosen Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Selain itu juga Indradi, A.P., S.H., M.M, yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Surakarta.

Dosen Fakultas Syariah Narasumber Kegiatan Peningkatan Koordinasi dan Komunikasi Politik Jawa Tengah
Mansur Efendi (berbatik) bersama Indradi dan moderator.

Dalam paparannya, Mansur Efendi menjelaskan bahwa fungsi komunikasi politik dan rekruitmen politik harus ditopang dengan pelembagaan partai yang baik. Upaya ini menjadi niscaya, mengingat Partai politik merupakan pilar yang sangat penting untuk diperkuat derajat pelembagaannya (the degree of institutionalization).

Sebagaimana diketahui, dalam menganalisis perkembangan suatu partai politik, ada beberapa pendekatan umum yang sering digunakan. Di antaranya pendekatan pelembagaan (institusionalisasi), perilaku politik, dan pendekatan institusionalisasi baru (new-institusionalization).

Lebih jauh ia juga menjelaskan bagaimana design pelembagaan politik di negara-negara lain seperti Jerman, Amerika Serikat, Inggris dan Rusia.

Sementara itu, Indradi lebih banyak menyoroti pola komunikasi politik yang selama ini dikembangkan di Kota Surakarta. Ia menggambarkan bahwa Program Pemkot Solo yang berkaitan langsung dengan masyarakat, tidak bisa dilepaskan dari pola komunikasi politik yang tepat. Pola komunikasi yang dikembangkan haruslah selaras dengan nilai dan spirit Pancasila dan UUD 1945. (ME)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *