Fakultas Syariah IAIN Metro Lampung Kunjungi dan Teken MOU Dengan Fakultas Syariah IAIN Surakarta

Fakultas Syariah IAIN Metro Lampung Kunjungi dan Teken MOU  Dengan Fakultas Syariah IAIN Surakarta
Bagikan

Selasa hingga Rabu (05 s/d 06 September 2017) IAIN Surakarta kedatangan tamu. Sejumlah unsur pimpinan baik institut maupun Fakultas dan unit terkait di lingkungan IAIN Metro Lampung datang berkunjung. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka studi banding terkait tata kelola dan penyelenggaraan pendidikan tinggi di lingkungan PTKIN.

Setelah melewati hari pertama kunjungan di tingkat institut, rombongan tersebut melanjutkan kunjungan ke unit-unit dan Fakultas di lingkungan IAIN Surakarta. Fakultas Syariah pun ketiban kunjungan dari Dekan Fakultas Syariah IAIN Metro Lampung, H. Husnul Fatarib, Ph.D.

Bertempat di ruang tamu dekanat, Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag, Dekan Fakultas Syariah IAIN Surakarta dan jajaran pimpinannya menyambut dengan sukacita kehadiran “saudara senasib” dari ujung Timur Sumatera itu. Mengawali perbincangannya, M. Usman mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan Dekan Fakultas Syariah IAIN Metro. Beliau juga memperkenalkan secara singkat profil Fakultas dan perkembangannya. Mengakhiri pengantarnya beliau berharap agar Dekan Fakultas Syariah IAIN Metro juga mau berbagi pengalaman dan mengajak untuk memperkuat hubungan kelembagaan melalui penandatangan kerjasama.

img_0353

Menanggapi paparan tersebut, Dekan Fakultas Syariah IAIN Metro juga menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat keluarga besar Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Menurutnya, sebagai lembaga yang belum genap setahun mengalami transisi dari STAIN ke IAIN, pihaknya perlu melakukan studi banding ke beberapa lembaga, termasuk ke Fakultas Syariah IAIN Surakarta yang telah lebih dulu mengalami peralihan status.

img_0355

Di antara persoalan yang lebih jauh didalami oleh beliau adalah terkait sistem dan strategi pengelolaan UKT agar minim resistensi. Terkait hal ini Wakil Dekan II Fakultas Syariah IAIN Surakarta menuturkan bahwa kenaikan UKT dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun dan perkembangan kehidupan ekonomi masyarakat. Ketua LPM IAIN Surakarta yang berkesempatan hadir juga ikut menambahkan, untuk meminimalisir resistensi, publik menurutnya perlu diajak juga untuk membandingkan dengan perkembangan biaya studi pada lembaga pendidikan tinggi terdekat yang cenderung jauh lebih tinggi.

img_0359

img_20170906_102515_hdr

Mengakhiri perbincangannya, Dekan Fakultas Syariah IAIN Metro juga sepakat untuk memperkuat hubungan kelembagaan kedua pihak secara formal melalui penandatanganan kerjasama. Menurutnya, kerjasama dimaksud khusususnya terkait aspek peningkatan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada kedua lembaga. Menyambut hal ini, di akhir pertemuan, kedua pihak menandatangani naskah kerjasama untuk empat tahun ke depan.Semoga muhibah singkat dan penandatanganan kerjasama ini benar-benar menjadi jalan bagi peningkatan kualitas hubungan kelembagaan dan Tri Dharma bagi kedua lembaga di masa datang. (SH)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *