Fakultas Syariah IAIN Surakarta Teken Kerja Sama dengan KUIS Malaysia

Fakultas Syariah IAIN Surakarta Teken Kerja Sama dengan KUIS Malaysia
Bagikan

FASYA- Fakultas Syariah IAIN Surakarta menandatangani nota kerja sama dengan Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor (KUIS) Malaysia, Rabu 25/9/2019 kemarin.

Penandatanganan yang bertempat di Ruang Senat KUIS itu dilakukan oleh Dekan Fakultas Syariah Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag dan Timbalan (Wakil) Rektor Bidang Akademik dan Penyelidikan KUIS Dr. Mokmin Bin Basri.

Sementara saksi dari kedua pihak diwakili oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Syariah Sidik, S.Ag., M.Ag dan Timbalan Dekan Bidang Akademik Fakultas Syariah dan Undang-undang (FSU KUIS) Dr. Nur’ainan Bahari.

Fakultas Syariah IAIN Surakarta Teken Kerja Sama dengan KUIS Malaysia
Serah terima nota kerja sama.

Dr. Mokmin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan jalinan kerja sama dengan Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Ia berharap ke depan kerja sama ini dapat dilanjutkan dalam berbagai program konkrit seperti joint research, student exchange, international seminar, praktikum mahasiswa, artikel jurnal, editor jurnal dan lain-lain.

Pada kesempatan itu ia juga memaparkan perkembangan KUIS. “Kampus ini berdiri sejak 1995. Ia berada di bawah Majlis Agama Islam Selangor (MAIS). Kini KUIS memiliki 60 bidang studi dan berdiri di atas areal seluas 104 hektar”, terangnya.

“Program S3 memiliki 4 bidang studi, program S2 terdapat 20 bidang studi, program S1 terdiri dari 18 bidang studi, program diploma terdapat 15 bidang studi, dan program matrikulasi terdiri dari 6 bidang studi”, tambahnya.

Di antara bidang studi S1 yang bersinggungan dengan Fakultas Syariah, lanjutnya, di antaranya adalah “Syariah dan Undang-undang” serta “Syariah dan Muamalat”. Selain itu di tingkat S1 juga terdapat bidang studi Perbankan Islam, Manajemen Halal dan lain-lain.

Sementara Dekan Fakultas Syariah IAIN Surakarta Dr. M. Usman juga berterima kasih kepada KUIS atas kesediaan menjalin kerja sama. Selain menjelaskan perkembangan IAIN Surakarta dan Fakultas Syariah, ia juga menegaskan siap menindaklanjuti kesepakatan yang telah ditandatangani.

Fakultas Syariah IAIN Surakarta Teken Kerja Sama dengan KUIS Malaysia Fakultas Syariah IAIN Surakarta Teken Kerja Sama dengan KUIS Malaysia

FGD tindak lanjut kegiatan.

Pada kesempatan itu kedua pihak juga mengadakan Focus Group Discussion (FGD). Perwakilan Fakultas Syariah IAIN Surakarta secara bergantian memaparkan materi terkait perkembangan kajian hukum Islam di Indonesia dan menggali berbagai kemungkinan tindak lanjut kegiatan.

Muh. Zumar Aminuddin, S.Ag., M.H., memaparkan terkait Zakat dan Wakaf. Masjupri, S.Ag., M.Hum memaparkan bidang Hukum Ekonomi Syariah. Perkembangan kajian Hukum Pidana Islam disampaikan oleh Masrukhin, S.H., M.H. Sedangkan terkait hukum keluarga Islam dipaparkan oleh Sidik., S.Ag., M.Ag.

Fakultas Syariah IAIN Surakarta Teken Kerja Sama dengan KUIS Malaysia Fakultas Syariah IAIN Surakarta Teken Kerja Sama dengan KUIS Malaysia

Sesi foto bersama usai kegiatan.

Dialog secara formal dan informal terkait administrasi dan akademik juga dilakukan oleh Wakil Dekan II Fakultas Syariah IAIN Surakarta Zaidah Nur Rasyidah, S.H., M.H dan Kabag Administrasi Umum Siti Mukoddimah, S.Ag.

Di sela-sela kegiatan, Dekan Fakultas Syariah berharap kunjungan ini bermanfaat bagi lembaga. “Semoga silaturahmi dan kunjungan akademik ke Negeri jiran ini membawa kebaikan bagi IAIN Surakarta dan Fakultas Syariah di masa datang,” harapnya. (sh)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *