Fakultas Syariah Pastikan Mahasiswanya Menguasai Praktik Haji

Fakultas Syariah Pastikan Mahasiswanya Menguasai Praktik Haji
Bagikan

Perkuliahan di Fakultas Syariah (Fasya) IAIN Surakarta tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas (outdoor study). Tujuannya, mahasiswa tidak hanya menguasai teori tetapi juga mampu mengamalkannya. Terutama mata kuliah yang standar kompetensinya tercapai dengan praktek langsung, seperti Haji.

Diantaranya kegiatan pada Senin (05/03), para mahasiswa dari beberapa jurusan di Fasya mempraktekkan manasik Haji di Asrama Haji Donohudan. Kegiatan itu dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 08:00 -10:00 WIB (kelas HES 2I & HES 2F). Adapun sesi kedua berlangsung pada pukul 10:00 -12:00 WIB (kelas MAZAWA 2A & HES 2E).

Memakai baju Ihram, para mahasiswa dikondisikan layaknya berada di Mekah, lengkap dengan “Ka’bah” ala Astrama Haji Donohudan.

Bertindak sebagai pembimbing, Dosen senior H. Andi Mardian, Lc., M.A. dan H. Aminuddin Ihsan, Lc., M.A. Dosen yang sudah pengalamanan ibadah Haji ini tampak memberikan pengarahan sebelum rangkaian manasik Haji dilaksanakan.

img_2950

Setelah mahasiswa menerima arahan, pembimbing lalu mengajak para mahasiswa untuk melaksanakan rukun Haji satu persatu dengan tertib.

img_2976 img_2980

Dengan manasik Haji ini, suatu saat bila mereka hendak menunaikan ibadah Haji, terpenuhi segala syarat, rukun dan sunah sunahnya sehingga menjadi Haji yang mabrur.Dan tentu diharapkan mampu menjadi pembimbing Haji bagi masyarakat. (Win)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *