Fakultas Syariah Perkuat Jurnal Ilmiah Mahasiswa “Al-Hakim” Berbasis OJS

Fakultas Syariah Perkuat Jurnal Ilmiah Mahasiswa “Al-Hakim” Berbasis OJS
Bagikan

FASYA- Fakultas Syariah IAIN Surakarta perkuat jurnal ilmiah mahasiswa Al-Hakim berbasis OJS dengan alamat http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/al-hakim/

Upaya ini dilakukan Fakultas Syariah sebagai lembaga yang mengembangkan dan melahirkan para pemikir pemikir yang aktivitasnya mengantarkan para mahasiswa meningkatkan kualitasnya sebagaimana tuntutan pada era 4.0.

Al-Hakim merupakan Jurnal Ilmiah Mahasiswa yang diterbitkan oleh Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta dua kali setahun (Mei dan November).

Fakultas Syariah Perkuat Jurnal Ilmiah Mahasiswa “Al-Hakim” Berbasis OJS

Jurnal Al-Hakim bertujuan untuk memfasilitasi dan menyebarkan ide-ide inovatif dan kreatif dari mahasiswa yang berkonsentrasi dalam Syariah dan Hukum. Ini mendedikasikan sebagai ruang publik mahasiswa untuk mengembangkan dan mempromosikan Hukum Islam, syariah, dan filantropi berdasarkan penelitian asli dan masalah saat ini. Isu-isu lain yang secara sosial, budaya, dan politik berkorelasi dengan hukum Islam dan pengembangan syariah dan komunitas Muslim.

Pemimpin redaksi, Abdul Rahman, S.H selama dua periode ini berharap dengan OJS init teman-teman mahasiswa terpacu untuk mensubmit hasil riset skripsinya dalam bentuk artikel jurnal. Dalam launching jurnal ilmiah mahasiswa Al-Hakim berbasis OJS ini, menghadirkan 10 artikel dari tugas akhir mahasiswa Fasya.

Adanya OJS atau open jurnal system merupakan salah satu produk open source dari PKP (Public Knowledge Project) yang khusus digunakan untuk mengelola jurnal online karena bersifat open source dengan lisensi GPL (General Public License), sehingga mahasiswa dengan software ini dapat belajar menulis, meneliti dan mengubahnya.

Aplikasi OJS kompatibel dengan mesin pencari Google begitu juga google scholar-nya sehingga artikel yang dimuat pada jurnal online yang memakai OJS akan terindeks oleh Google lebih baik.

Dengan adanya Jurnal ilmiah Mahasiswa Al-hakim berbasis OJS diharapkan dapat meningkatkan tingkat keterbacaan maupun sebagai media mahasiswa khususnya mahasiswa Fasya untuk belajar meneliti dan mempublikasikan hasil risetnya.

Pada akhirnya kita mengharapkan dan bercita-cita jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Syariah Al-Hakim selain sudah ber p-ISSN juga segera e-ISSN dan bisa terakreditasi paling tidak secara nasional. (Lila/ Ed. dw)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *