Fakultas Syariah Gelar Workshop Penguatan Bahasa Asing Untuk Dosen

Fakultas Syariah Gelar Workshop Penguatan Bahasa Asing Untuk Dosen
Bagikan

FASYA – Selasa (22/10/2019) Fakultas Syariah IAIN Surakarta mengadakan kegiatan Workshop Penguatan Bahasa Asing. Pada workshop ini, bertindak sebagai pembicara adalah Mr. Albert Yuwono, M.Hum (Pengajar IELC) dan Dr. Muh. Nashirudin, M.A, M.Ag. (Dosen Fakultas Syariah).

Bertempat di Ruang Rapat Fasya Lantai I, workshop kali ini mengangkat tema“Cara Cepat Belajar Bahasa Asing”.

Fakultas Syariah Gelar Workshop Penguatan Bahasa Asing Untuk Dosen
Sambutan dari Dekan Fakultas Syariah

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah, mengatakan bahwasannya program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dosen dalam berbahasa asing baik bahasa inggris dan bahasa Arab. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, kapasitas dan kualitas dosen fakultas syariah, terangnya.

Fakultas Syariah Gelar Workshop Penguatan Bahasa Asing Untuk Dosen
Mr. Albert Yuwono, M.Hum memaparkan materi

Pada sesi pertama, sebagai pembicara adalah Mr. Albert Yuwono, M.Hum. Beliau memaparkan tentang “7 Tips to Learn English Effectively”. Yaitu tujuh tips belajar bahasa Inggris secara efektif.
Diantaranya adalah Mistake : Okay, maksudnya adalah tidak takut salah, belajar dari kesalahan.

Kedua, belajar Spelling, oral and written yaitu untuk mempermudah belajar Bahasa Inggris yang bagi kita berbeda antara bunyi dan tulisannya maka dibutuhkan cara dengan menuliskan pengucapan yang benar.

Ketiga, Find good resources, bisa dengan teacher, tutor, media, dan lain-lain. Keempat, imagination yaitu dengan membayangkan dan berlatih menjadi seseorang atau profesi tertentu yang sedang berbicara dengan bahasa Inggris. Kelima, relevant topics & targets yaitu dengan memilih topik dan sasaran yang sesuai dengan bidang masing-masing.

Keenam, find good partners to practice yaitu menemukan teman atau rekan yang tepat untuk berlatih dan mempraktekkan. Ketujuh, dengan mendownload English dictionary on your smartphone, hal ini sangat membantu dalam memperkaya kosa kata baru dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, terangnya.

Fakultas Syariah Gelar Workshop Penguatan Bahasa Asing Untuk Dosen
Dr. Muh. Nashirudin, M.A. memaparkan materi

Pada sesi kedua, materi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Muh. Nashirudin, M.A yang memaparkan tentang “Cara Mudah Belajar Bahasa Arab”. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan bahwa untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Arab, tidak boleh malu jangan takut salah, meskipun belum fasih, masih sering salah pengucapan maupun penggunaannya. Percaya diri juga merupakan bagian penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab ini, terangnya.

Lebih lanjut, Dr. Muh. Nashirudin juga menjelaskan tips cara mudah belajar bahasa Arab yang bisa dilakukan diantaranya adalah melalui media baik itu film, lagu, berita dan media yang lain. Belajar Bahasa Arab juga lebih disarankan untuk belajar Bahasa Arab yang baku. Karena untuk penggunaan bahasa Arab yang tidak baku seringkali berbeda-beda untuk setiap negara yang menggunakan aksen Bahasa Arab nya seperti, Turki, Mesir dan lain-lain, pungkasnya.

Fakultas Syariah Gelar Workshop Penguatan Bahasa Asing Untuk Dosen
Antusiasme peserta mengikuti workshop penguatan bahasa

Usai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Diskusi berlangsung menarik, tampak dari antusiasme peserta menyimak paparan materi dan mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Acara ini berakhir ditandai dengan sesi foto bersama. (Penulis: NK/ Editor: DW)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *