FSY, FUD, DAN FEBI ADAKAN SELEKSI ODP BSM UNTUK ALUMNI

10 Peserta yang lolos ODP
Bagikan

Fakultas Syariah (FSY), Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) pusat melakukan seleksi Officer Development Program (ODP). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 17-18 Mei 2017 bertempat di Gedung Graha IAIN Surakarta. Sebanyak 84 peserta dari 100 lebih alumni yang telah mendaftarkan diri, hadir mengikuti seleksi ini.

Exif_JPEG_420

Beberapa saat menjelang pelaksanaan seleksi, pimpinan rektorat dan dekan FSY, FUD, dan FEBI melakukan ramah tamah dengan tim BSM. Wakil Rektor III, Dr. Syamsul Bakri, M.Ag dalam sambutannya mewakili Rektor IAIN Surakarta menyampaikan terima kasih atas kerjasama pelaksanaan ODP ini. Semoga kerjasama ini dapat berlanjut dan berkembang pada aspek lain yang lebih luas. Sementara Kepala Cabang BSM Surakarta dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas sambutan IAIN Surakarta dan menyatakan membuka diri untuk menjalin kerjasama ke depan. Pada kesempatan ramah tamah itu, masing-masing Dekan juga menyampaikan tawaran-tawaran alternatif kerjasama yang mungkin dilakukan dengan BSM.

10 Peserta yang lolos ODP
10 Peserta yang lolos ODP

Sementara Dodi selaku tim HRD BSM dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa program ODP BSM merupakan program tahunan untuk mencari SDM terbaik di Tanah Air sebagai calon leader bagi BSM. Peserta ODP pada dasarnya terbuka luas untuk alumni IAIN selain bidang studi keguruan, filsafat, dan sastra. Seleksi dilakukan dalam bentuk ujian tertulis psikotes pada hari pertama. Pada hari kedua dilakukan tes wawancara dan FGD bagi peserta yang dinyatakan lulus ujian psikotes.
Dari 84 peserta yang mengikuti ujian tertulis psikotes, sepuluh di antaranya berhasil lulus dan berhak mengikuti tes wawancara dan FGD. Pada sesi wawancara, kemampuan membaca Al-Qur’an juga menjadi materi yang diujikan. Sementara pada sesi FGD, kemampuan menyampaikan gagasan, inisiatif, teamwork dan leadership merupakan di antara aspek yang dicermati. Menurut Dodi, tim HRD BSM, hasil ujian wawancara dan FGD selanjutnya direkomendasikan kepada BSM pusat. Berdasarkan rekomendasi itu ditentukan siapa yang berhasil lulus untuk selanjutnya bersaing dengan calon-calon lainnya di Tanah Air. (SH)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *