HMPS HPI Gelar Seminar Nasional Bertajuk ”Kajian Hukum Penanganan Tindak Pidana Narkoba”

HMPS HPI Gelar Seminar Nasional Bertajuk ”Kajian Hukum Penanganan Tindak Pidana Narkoba”
Bagikan

FASYA- Kamis, (08/10/2020), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) HPI mengadakan Seminar Nasional dengan mengangkat tema bertajuk “Kajian Hukum Penanganan Tindak Pidana Narkoba”.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa dan dosen IAIN Surakarta agar menyadari akan bahayanya Narkoba dan pentingnya kita menjauh Narkoba. Tidak hanya itu, acara tersebut juga dijadikan ajang untuk mengedukasi setiap elemen yang ada di IAIN Surakarta.

Seminar ini membahas suatu permasalahan serta solusi yang berkaitan dengan meningkatnya pengguna atau kasus narkoba di negara kita (Indonesia).

Acara ini menghadirkan Danar and The Blankon yaitu Agus Widanarko, S.E., M.H., M.Si. Mantan Manajer Diskotik gelap dan Hilarius Catur Mukti N, S.Pd. seorang mantan pecandu narkoba yang sekarang keduanya menjadi penggiat anti narkoba.

Danar and The Blankon hadir di seminar ini sebagai pembicara mengajak para audience untuk melihat bagaimana efek yang diberikan dari Narkoba itu sendiri. Dengan pembawaannya yang unik, membuat audience sangat tertarik mendengarkan pemaparan dari Danar and The Blankon.

Seminar ini, juga menghadirkan dua narasumber lain yaitu Sugiyanto selaku Wakil Ketua Sat Res Narkoba Polres Sukoharjo dan Suciyani, M.Sos.

Keduanya begitu menarik dalam hal penyampaian juga materi yang dipaparkan. Sugiyanto memaparkan pasal-pasal terkait dengan penanganan tindak pidana Narkoba, seperti berapa besar dendanya, berapa lama dipenjara, dan hukuman-hukuman lainnya.

Selanjutnya Suciyani yang juga seorang dosen Fakultas Syariah memaparkan tentang pencegahan, penanganan, dan pemberantasan Narkoba dalam prespektif hukum pidana Islam, dimana hal tersebut sangat berkesinambungan dengan agama, juga mahasiswa yang hadir pada saat itu, juga melengkapi pemaparan dari Sat Res Narkoba Polres Sukoharjo.

Semoga dengan adanya seminar ini kita lebih peduli dan sadar akan pentingnya menjauh dari Narkoba karena efeknya bisa untuk kita sendiri maupun orang-orang yang ada di sekitar kita.

Dimulai dari diri sendiri, kemudian mengajak orang lain untuk menjauhi Narkoba. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan memberantas Narkoba dari negara kita? Semestinya kita harus bersatu untuk mencegah, menangani, dan memberantas Narkoba.

Say No To Drugs. Kalau kata Danar and The Blankon “Cintailah dirimu, cintailah sahabatmu, cintailah masa depanmu”, pungkasnya. (Mahasiswa HPI/Ed. Dk/ dw)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *