HMPS Mazawa Gelar Talk Show Edukatif: Urgensi Zakat dan Pajak dalam Prespektif Fiqh Kontemporer

FASYA- Senin (26/10/2020), Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat Wakaf  (HMPS MAZAWA) menggelar Talk Show Edukatif dengan tema “Urgensi Zakat dan Pajak dalam Prespektif Fiqh Kontemporer”.

Talk Show Edukatif ini dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa lintas program studi di IAIN Surakarta, berlangsungnya acara dibagi menjadi dua sesi mengingat keadaan yang belum stabil.

Pembicara dari Talk Show Edukatif adalah Ronny Megas Sukarno, S.S, M.M. Selaku Direktur Lazismu Sragen, Muh. Zumar Aminuddin, S.Ag., M.H. Dosen Fakultas Syariah dan di moderatori oleh Febry Pamungkas.

Opening Ceremony diawali dengan penampilan akustik dari mahasiswa Fakultas Syariah, kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama yakni dari Ketua Pelaksana Talk Show Edukatif HMPS Mazawa Abrar Rilqi Amrullah. Usai sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan acara inti. Pembicara yang pertama adalah Ronny Megas Sukarno, S.S, M.M., beliau memaparkan potensi zakat yang luar biasa besar 3,5 persen atau sekitar 8 triliyun yang baru bisa dikelola.

Ronny mengungkapkan “dari lima rukun Islam hanya rukun islam ketiga yang tidak nge-trand dikalangan masyarakat padahal potensinya sangat besar. Ketika ada mahasiswa yang mau menuntut ilmu untuk mempelajari tentang zakat, nah menurut saya itu sangatlah luar biasa, kalian seperti memperjuangkan agamanya Allah, kenapa? karena kalian jelas-jelas memperjuangkan rukun islam yang ketiga. Kemudian pajak, pajak sangat jelas sekali merupakan peraturan perundang-undangan yang diadakan pemerintah untuk mengumpulkan dana agar bisa dikelola bersama sekedar untuk kegiatan kemasyarakatan negara Indonesia. Sedangkan perbedaan mencolok antara zakat dan pajak adalah pungutannya,” terangnya.

Pembicara yang kedua yakni Muh. Zumar Aminuddin, S.Ag., M.H., dalam pemaparannya mengatakan, “Hata bukan merupakan milik mutlaq secara personal, akan tetapi dalam harta tersebut ada suatu kepemilikan orang lain juga, pada hakikatnya kekayaan hanyalah milik Allah,” paparnya.

Usai pemaparan dari pemateri, dilanjutkan sesi tanya jawab. Terlihat antusiasme peserta aktif sekali. Ada 4 lontaran pertanyaan dari peserta. dan sang moderator mendapat kesempatan untuk bertanya kepada pemateri.

Setelah acara sesi pertama ditutup, dimulai lagi dengan sesi kedua pada pukul 12.30. kemudian sambutan kali ini langsung disampaikan oleh ketua HMPS MAZAWA Yusuf Prihartanto.

Seperti pada sesi pertama, pemaparan dimulai dari Ronny Megas Sukarno, S.S, M.M., dilanjut pemateri kedua Muh. Zumar Aminuddin, S.Ag., M.H., Acara terakhir yaitu penyerahan kenang-kenangan. Acara kemudian ditutup hamdalah dan diakhiri dengan berfoto bersama. (Arzaq/ Ed. dw)

Bagikan

Berita Terkait