Bagikan

Profil Sigit Arif Bowo, M.Pd.
Sigit Arif Bowo, M.Pd.

Sigit Arif Bowo, M.Pd.
Dosen Hukum Ekonomi Syariah Fakultas SyariahIAIN Surakarta

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

  1. Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Analisis karya sastra

Sigit Arif Bowo, S.Pd., M.Pd. merupakan dosen tetap Fakultas Syariah IAIN Surakarta.  Pendidikan dasar dan menengah ditempuh di tempat kelahiran, Sragen. Menyelesaikan Strata 1 (S1) Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tahun 2013 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pendidikan S2 diselesaikannya di Universitas Sebelas Maret, prodi Pendidikan Bahasa Indonesia tahun 2017.

  1. Bentuk, Hasil, Dan Respons Siswa Pada Penilaian Kemampuan Aktif Reseptif Dalam Pembelajaran Sastra Di Kelas X. 5 SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Metode Inquiry Based Learning pada Siswa Kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Kedawung Sragen

“Pemerolehan Bahasa” dalam Pemahanan dan Kajian Psikolinguistik. (Surakarta: Bukukatta, 2017)

  1. Bowo, S. A. (2020). Ecological Intelligence on Novel Si Anak Pintar by Tere Liye. RETORIKA: Journal of Language, Literature and Teaching13(1), 146-155.
  2. Bowo, S. A. (2019). Kontradiksi Nilai Pendidikan Antikorupsi antara Novel Negeri Para Bedebah dan Si Anak Pintar Karya Tere Liye. Jurnal Bahtera-Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya6(12).

     

Bowo, S.A., & Maulina, O.H. 2016.  “Guru Pembelajar sebagai Penggerak Budaya LIterasi.”Makalah pendamping, disampaikan pada seminar nasional “Budaya Literasi Menuju Generasi Emas bagi Guru Pembelajar” yang diselenggarakan oleh Prodi PBSI Universitas PGRI Semarang.

Bowo, S.A., & Maulina, O.H. 2016.  “Pembelajaran Negosiasi sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Berbahasa dan Karakter dalam Menghadapi Era Global”. Makalah pendamping, disampaikan pada seminar nasional “Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Peningkatan Kecerdasan Logika, Etika, dan Estetika Peserta Didik” di Universitas Negeri Malang.

Bowo, S.A. & Hariyadi. 2015. “Penilaian Autentik Materi Sastra  pada Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Menyongsong MEA”. Makalah pendamping, disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia “Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkualitasa Pada Era MEA di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bowo, S.A. (2015). “Pengoptimalan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan Aktif  Reseptif dalam Pembelajaran Sastra”. Makalah pendamping, disampaikan pada Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III di Universitas Sebelas Maret. 

Maulina, O.H. & Bowo, S.A. 2016. “Analisis Wacana Fenomena LGBT pada Harian Kompas, Suara Merdeka dan Jawa Pos: Pendekatan Mikrostruktural dan Makrostruktural”. Makalah pendamping, disampaikan pada  Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya  (SEMNAS KBSP) IV 2016 “Analisis Wacana Kritis dalam Bahasa dan Sastra.


Bagikan