Kerjasama Perdana Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Surakarta

FASYA- Fakultas Syariah IAIN Surakarta tetap menyelenggarakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di tengah pandemi Covid-19. Pelaksanaan PPL dimulai pada 24 Agustus 2020 dan akan berakhir pada 18 September 2020. Sebanyak 4 mahasiswa/i Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah IAIN Surakarta memutuskan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mereka di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Surakarta.

Melalui pelaksanaan PPL, tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, hal ini dapat menumbuhkan relasi yang erat bagi Prodi HKI Fakultas Syariah IAIN Surakarta dan DPPKB Kota Surakarta. Mengingat ini merupakan kerjasama perdana kedua instansi, pihak DPPKB bahkan memberi jaminan khusus bagi mahasiswa Prodi HKI Fakultas Syariah IAIN Surakarta untuk bisa melaksanakan PPL di instansi ini di masa mendatang.

Teknis Baru Pelaksanaan PPL di Masa Pandemi

Terlaksananya PPL di tengah pandemi Covid-19 nyatanya berpengaruh banyak terhadap perubahan kebijakan di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Pada tahun-tahun sebelumnya, lokasi pelaksanaan PPL hampir selalu di Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, atau Kantor Urusan Agama dan kurang lebih dilaksanakan selama 1 bulan. Kemudian, mahasiswa/i juga harus menjalankan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Mandiri selama kurang lebih 1 bulan dengan lokasi instansi yang dikehendaki sendiri oleh mahasiswa/i dengan tetap mematuhi peraturan yang berlaku di Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Karena alasan pandemi Covid-19, pelaksanaan PPL tahun 2020 dilaksanakan dalam waktu yang relatif lebih singkat dan terdapat opsi pemilihan lokasi PPL yang lebih dinamis. Mahasiswa/i diperbolehkan memilih lokasi PPL mereka. Namun demikian, pemilihan instansi tetap dalam pengawasan panitia PPL Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Dinamika PPL selama pandemi Covid-19 dianggap sebagai kesempatan terbaik dan tidak di sia-siakan oleh sebagian mahasiswa/i, khususnya prodi HKI, untuk melakukan terobosan dengan memilih instansi yang relevan langsung dengan prodi HKI untuk pelaksanaan PPL mereka. Selain itu, pemilihan instansi juga memikirkan keberlangsungan jangka panjangnya untuk pelaksanaan PPL di tahun-tahun mendatang. (afd)

Bagikan

Berita Terkait