Lebih Mahir Menulis dengan Workshop Menulis Populer

Lebih Mahir Menulis dengan Workshop Menulis Populer
Bagikan

Pada kemarin Kamis (28/4), Fakultas Syariah IAIN Surakarta mengadakan Workshop Kepenulisan Populer kepada mahasiswa dengan tajuk “Menjadi Mahasiswa yang Produktif Menulis di Media Massa”. Pelatihan ini menghadirkan dua orang pemateri yang sudah berpengalaman di dunia kepenulisan di media massa, yaitu Abu Nadhif, S.Sos.I. (redaktur pelaksana harian SOLOPOS) dan Mutimmatun Nadhifah (pegiat literasi IAIN Surakarta).

Pada sesi pertama, Mutimmatun Nadhifah menyampaikan tentang proses kreatif dalam menulis. Mahasiswi yang karya-karyanya telah banyak dimuat di media massa nasional ini mengajak peserta pelatihan untuk lebih aktif membaca sebagai sumber inspirasi dalam menulis. Sedangkan pada sesi kedua, Abu Nadhif, S.Sos.I., lebih banyak mengupas tentang tips dan trik menyusun tulisan opini yang bisa menembus media massa.

Acara ini diikuti oleh 35 mahasiswa se-Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Para peserta tersebut sebelumnya telah mengumpulkan artikel opini kepada panitia dengan topik “Isu Kesyariahan dan Hukum Kekinian”. Artikel-artikel yang telah terkumpul itu nantinya akan dipilih tiga karya terbaik serta akan mendapatkan hadiah dan penghargaan dari fakultas.

Meskipun berlangsung cukup singkat, workshop ini bisa menjadi pemantik kepada mahasiswa untuk lebih lanjut mendalami dunia kepenulisan populer dan menghidupkan kembali semangat literasi mereka. Sehingga harapannya ketika para mahasiswa nantinya telah lulus dan bersaing di dunia kerja, kelak telah terbekali dengan kemampuan menulis yang mumpuni.


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *