LSO Shariapreneur Bahas Smart Entrepreneur Di Era 4.0

LSO Shariapreneur Bahas Smart Entrepreneur Di Era 4.0
Bagikan

FASYA– Sabtu, 07/09/2019 Lembaga Semi Otonom (LSO) Shariapreneur Fakultas Syariah IAIN Surakarta mengadakan kegiatan workshop dengan tema “Move On Shariapreneur: Be Smart Entrepreneur Start Up Bussines In 4.0 Era.”

Bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 IAIN Surakarta, acara ini dihadiri oleh mahasiswa, anggota pengurus dan para perwakilan dari beberapa LSO yang ada di Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

LSO Shariapreneur Bahas Smart Entrepreneur Di Era 4.0

Sidik, M.Ag. selaku wakil dekan III memberikan sambutan.

Hadir sebagai Pemateri Ryo-Juara Alumni IKA UNS Solo Raya dan Direktur CV. Kreatif Muda Indonesia. Laili Nur Istiqomah H, mahasiswa Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf semester 5 bertindak sebagai Moderator. Diskusi ini membahas tentang “Move On Shariapreneur: Be Smart Entrepreneur Start Up Bussines In 4.0 Era.”

LSO Shariapreneur Bahas Smart Entrepreneur Di Era 4.0

RYO Juara memaparkan materi

Kegiatan ini berisi tentang bagaimana seorang entreprenuer di Era Digital. Di antaranya terkait kegiatan berbisnis dengan memahami betul potensial market. Ada tahapan-tahapan dalam berbisnis yang harus diperhatikan. Yaitu, Starting, Profiting, Systeming, Multiplying, dan Investing. Di era digital pemanfaatan tools untuk pengembangan bisnis juga diperkenalkan seperti google my business.

Ryo juga memaparkan bahwa pada saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat produk yang menarik. Di antaranya dengan cara rename (mengganti nama) yang lebih menarik agar pembeli penasaran dengan apa yang dijual.

Kedua, repackage (mengganti kemasan) yang dulunya kemasannya hanya biasa-biasa saja maka agar lebih menarik perlu memperhatikan kemasannya.

Ketiga, repositioning (memperbaiki rasa produk atau jasa yang ditawarkan). Mempertimbangkan dan mendengar masukan dari konsumen tentang produk yang ditawarkan. Dengan demikian dapat diketahui selera dan keinginan konsumen.

LSO Shariapreneur Bahas Smart Entrepreneur Di Era 4.0 LSO Shariapreneur Bahas Smart Entrepreneur Di Era 4.0

Pemberian kenang-kenangan dan foto bersama pemateri RYO Juara

Semangat dan antusiasme peserta dalam seminar ini tampak melalui beberapa pertanyaan yang diajukan. Di antaranya tentang bagaimana membangun bisnis dan menciptakan produk yang bisa eksis di pasar.

Selain itu juga dibahas tentang luasnya dunia entrepreneur yang juga dapat diterapkan dalam lingkungan profesi (professional entrepreneur).

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan mampu menumbuhkan semangat entrepreneurship pada mahasiswa. (Yunita)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *