Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti Praktik Manasik Haji

Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti Praktik Manasik Haji
Bagikan

FASYA-Hari Senin, 4/3/2019 dan Rabu, 6/3/2019 kemarin, mahasiswa Fakultas Syariah, mengikuti kegiatan Praktikum Ibadah (manasik haji). Kegiatan yang diikuti mahasiswa semester II (dua) ini dilaksanakan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama diadakan pada hari Senin yang diikuti oleh mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (HES) II-I, Hukum Pidana Islam (HPI) II-A, Hukum Keluarga Islam (HKI) II-C dan II-D. Sementara kloter kedua dilaksanakan pada hari Rabu yang diikuti mahasiswa HPI II-B, HKI II-A dan II-F, serta HES II-D.

Sebagian mahasiswa memilih berangkat ke Asrama Haji menggunakan sepeda motor, dan sebagian lainnya menggunakan bus yang disediakan Fakultas. Sesampainya di lokasi, mahasiswa berkumpul di samping aula masjid untuk menerima arahan yang disampaikan oleh K.H. Aminuddin Ihsan, Lc., MA dan Andi Mardian, Lc., M.A selaku dosen pembimbing.

Mahasiswa Fakultas Syariah Ikuti Praktik Manasik Haji
Mahasiswa menyimak penjelasan pembimbing

Dosen pembimbing di antaranya menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji. Ada tamattu’ (ibadah umrah dulu baru ibadah haji), ifrad (ibadah haji dulu baru ibadah umrah), dan qiran (melakukan ibadah haji dan umrah secara bersamaan). Pembimbing juga menjelaskan beberapa teknis rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Selesai pengarahan, mahasiswa melaksanakan rangkaian praktik ibadah haji dengan khidmat dan tertib. (Penulis: Amalia Hidayatul Kholifah/HKI/Semester II. Editor: SH)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *