Mahasiswa Fakultas Syariah Pertajam Kompetensi Dalam Bidang Keuangan Di BMT & Koperasi

FASYA– Senin (24/08/2020) Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta pada pertengahan bulan Agustus-September 2020 melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mandiri di BMT An-Nisaa’ Wanita Islam Kartopuran (Hernanda, Afia, Yusuf, dan Yudati) dan Koperasi Kusuma Cita (Dewi, Nanang, Della, Septi dan Chika).

Pelaksanaan yang dilakukan dengan konsep langsung terjun ke lapangan, mahasiswa berharap mendapat pengalaman praktis tentang aplikasi konsep-konsep syari’ah di berbagai bidang bisnis dan ekonomi yang bernafaskan Islam.

belajar akuntansi dan pembukuan di BMT

Dengan mengamati secara langsung aktifitas pada lembaga dimana mahasiswa melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), diharapkan mahasiswa mengetahui praktik perekonomian yang sesuai dengan prinsip syari’ah dan dapat mengaplikasikan teori-teori yang didapat dari bangku perkuliahan.

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 mahasiswa Fakultas Syariah tetap semangat belajar secara langsung terkait aplikasi konsep-konsep syariah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

melayani dan memantau nasabah koperasi

Pada pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, mahasiswa belajar secara langsung mulai dari pengenalan lingkungan, aplikasi-aplikasi terkait transaksi tabungan, pembiayaan, akutansi, pembukuan, kegiatan di lapangan (marketing), dll. Selain kegiatan yang bersifat praktis, mahasiswa juga diasah untuk dapat memberikan solusi atas masalah-masalah yang timbul terkait dengan nasabah.

Semoga kegiatan pembelajaran melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat berjalan dengan lancar dan mahasiswa mampu membuat hubungan yang bermakna (making meaningful connections), antara teori-teori yang telah dipelajari di bangku perkuliahan dengan konteks kehidupan nyata, sehingga bisa memberikan kontribusi pemikiran yang bermanfaat bagi umat. (Hernanda/ed.dk)

Bagikan

Berita Terkait