Bagikan

Profil Mansur Efendi, S.H.I., M.Si
Mansur Efendi, S.H.I., M.Si

Mansur Efendi, S.H.I., M.Si
Dosen Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA) Fakultas Syariah 


Sekretaris Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA) 

Wakil Direktur Pusat Studi Kebudayaan Islam dan Jawa IAIN Surakarta

  1. Ekonomi Islam
  2. Civic Education
  1. Ekonomi Islam
  2. Multiculturalism

Mansur Efendi merupakan alumni Program Studi Muammalah-Jinayah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta Pada Tahun 2004. Kemudian Melanjutkan Studi S-2 di Program Studi Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Diponegoro Semarang, lulus pada Tahun 2007. Selain aktif mengajar pada Fakultas Syariah IAIN Surakarta, juga menjadi reviewer diantaranya adalah Menjadi Reviewer Artikel Artikel Prosiding dalam International Seminar on Sharia, law and Muslim Societies” tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Selain itu juga Menjadi Reviewer Artikel pada Jurnal EFI (Economics and Finance in Indonesia), merupakan Jurnal Terakreditasi Sinta 2, yang diterbitkan oleh LPEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, tahun 2019. Selain itu juga menjadi menjadi reviewer artikel Jurnal Filantropi yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Surakarta.

  1. “Pemetaan Kebutuhan Sarana Prasarana Menuju UIN Surakarta”, Penelitian Kelompok BOPTN LP2M IAIN Surakarta Tahun Anggaran 2017.
  2. “Model Pengembangan Wakaf Produktif di Indonesia: Studi Manajemen Aset dan Tata Kelola Nadzir di Pondok Modern Darussalam Gontor”, Penelitian Individual BOPTN LP2M IAIN Surakarta Tahun Anggaran 2019.
  3. “Konsep Pemikiran Mudharabah Ibnu Rusdh dan Implementasinya di Surakarta”, penelitan dilakukan pada tahun 2007.
  4. “Mekanisme Operasional Mudharabah di BMT Anda Salatiga”, dilakukan pada tahun 2003.
  1. “Pelaksanaan Pasal 43 Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Mengenai Pengelolaan dan Pengembangan Harta Wakaf di Pondok Modern Darussalam Gontor” diterbitkan oleh Jurnal Al Ahkam Fakultas Syariah IAIN Surakarta, tahun 2019, http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/al-ahkam/article/view/1961.
  2. Bersama Ferdi Arifin menulis artikel “Islamic Philantrophy Development in Digital Era: New Strategy of Fund Raising and Supervision Program” diterbitkan oleh Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam IAIN Kudus, tahun 2019. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/5287.
  3. “Menakar Progresivitas Hukum Wakaf dalam Pengembangan Wakaf Uang di Indonesia” diterbitkan oleh Jurnal Al Ahkam Fakultas Syariah IAIN Surakarta, tahun 2018. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/al-ahkam/article/view/1470.
  4. “Pengelolaan Zakat Produktif Berwawasan Kewirausahaan Sosial dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia” diterbitkan oleh Jurnal Al Ahkam Fakultas Syariah IAIN Surakarta, tahun 2017. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/al-ahkam/article/view/679.
  5. “Menghadirkan Konsep Mudharabah yang Lebih Berpihak Kepada Kaum Marjinal (Sebuah Tawaran Solusi atas Kendala Pelaksanaan Pembiayaan Mudharabah di Surakarta)” diterbitkan oleh SYIRKAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 6 Nomor 2, Desember 2011/1433H, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Surakarta.
  6. “Paradigma Baru Manajemen Zakat dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia: Urgensi dan Konsep Pemberdayaan dalam Pengelolaan Zakat” diterbitkan oleh AL-AHKAM: Jurnal Ilmu Syariah, Volume 9, Nomor 2, September 2011, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Surakarta.
  7. “Keunggulan Pembiayaan Mudharabah dan Tantangannya dalam Menggerakkan Sektor Riil” diterbitkan oleh SYIRKAH: Jurnal Ekonomi Islam, Volume 3 Nomor 2, Desember 2008/1929H, Jurusan Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta.
  1. Menjadi pembicara dalam “Multiculturalism Seminar on Literature” pada 12 September 2019 di Landmark Hotel Baku, Azerbaijan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Baku, Azerbaijan.
  2. Menjadi pembicara dalam Pendidikan Politik Bagi Elemen Masyarakat Provinsi Jawa Tengah dengan tema “Demokrasi Kuat Partisipasi Masyarakat Meningkat” pada 12 Februari 2020 di Hotel Athaya Boyolali, diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah.
  3. Menjadi pembicara dalam Pembekalan Karyawan KSPPS BMT INSA dengan materi “Implementasi Etika Bisnis Syariah dalam Lembaga Keuangan Syariah” pada 18 Mei 2019 di Meeting Room KSPPS BMT INSA Karanganyar.
  4. Menjadi pembicara dalam Talk Show “Ekonomi Islam: Subjektivitas dan Hukum Ekonomi Islam di Era Reformasi” pada 2 Oktober 2019 di Aula Fakultas Adab dan Bahasa IAIN Surakarta, diselenggarakan oleh Dapartemen Pengembangan Akademik Jurusan (DPAJ) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah IAIN Surakarta.
  5. Menjadi pembicara dalam Kegiatan Peningkatan Koordinasi dan Komunikasi Politik Bagi Masyarakat Provinsi Jawa Tengah dengan materi “Komunikasi Politik Yang Efektif Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945” pada 29 April 2019 di Hotel Indah Palace Solo, diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah.
  6. Menjadi pembicara dengan materi “Konsep Desa Wisata berbasis Pemberdayaan Masyarakat” disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Desa Wisata Anggrasmanis yang diselenggarakan oleh Kelompok KKN Transformatif Berbasis Masjid IAIN Surakarta Kelompok 107 dan 108, pada 20 Juli 2018 di Balai Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.
  7. Menjadi pembicara dalam “Seminar Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Karanganyar” pada 15 Januari 2017 di Karanganyar.
  8. Menjadi pembicara dalam “Diklat Ekonomi Islam 1” pada 5 November 2016, diselenggarakan oleh Forum Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta.
  9. Menjadi pembicara dalam Seminar Kefarmasian PAFI Cabang Karanganyar dengan materi “Peningkatan SDM Anggota PAFI di Era Globalisasi” pada 27 April 2014 di RS Orthopedi Prof. Dr. Soeharso Surakarta, diselenggarakan oleh Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Cabang Karanganyar
  10. Menjadi pembicara dalam kegiatan “Workshop Perbankan Syariah: Peran Notaris dalam Akad Pembiayaan Syariah” yang diselenggarakan di Lorin Hotel Solo, pada 24 Mei 2017.

Bagikan