Membanggakan! Novi Mahasiswi Semester 3 Fasya Masuk Finalis Lomba Esai Nasional

Membanggakan! Novi Mahasiswi Semester 3 Fasya  Masuk Finalis Lomba Esai Nasional
Bagikan

Fasya – Kegiatan Lomba Esai Nasional kali ini adalah bagian dari acara besar Heksagonal 2018 HMPS HES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan  tema “Hukum Ekonomi Syariah Terus Berkembang tanpa henti Mengabdi untuk Negeri.”

Senin, (15/10/2018), tepat pukul 09.00 WIB di Ruang Teater lt.4 Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah acara Lomba Esai Nasional dimulai. Ketua Panitia Fitria Mustofa Lomba Esai Nasional melaporkan bahwa lomba kali ini diikuti oleh 18 peserta pengirim esai. Dan hanya diambil 5 peserta terbaik atas nama : Tedy Febriyadi (UAD Yogya), Dania Surnida (UIN Sultan Maulana Hasanuddin-Banten) , Vikri Pratama Putra (Univ. Darussalam Gontor), Muhammad Faiz Ramadhan (Alumni Ponpes Darunnajah), dan Novi Eka Ariyani mahasiswi semester 3 Fakultas Syariah dari IAIN Surakarta dengan isi esai mereka bertema eksistensi hukum syariah di Era Globalisasi.

Membanggakan! Novi Mahasiswi Semester 3 Fasya  Masuk Finalis Lomba Esai Nasional

Yang menjadi latar belakang dari kegiatan ini harapannya seperti yang di sampaikan oleh ketua pelaksana lomba esai nasional  yakni Bank-bank Islam semakin marak, peminat nya pun banyak serta lifestyle halal terus berkembang, namun sangat memprihatinkan bahwa kenyataan literasi terkait ekonomi syariah tidak berkembang.

Sehingga harapannya dengan lomba esai ini bagi pejuang ekonomi syariah juga akan berperan untuk membudayakan literasi bangsa. Seperti yang diungkapkan oleh Sekjur Prodi Hukum Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Bpk. Dr. Abdurrouf, L.C., M.A. serta mampu pula  mendapatkan gagasan kritis yang msnjadi inspirasi dan inovasi di masa yang akan datang. Seperti dipaparkan oleh M. Syukur Nur Yasin sebagai ketua Heksagonal 2018.

Langkah pembukaan acara ini juga disampaikan sebuah pantun yang menggelitik yakni:

“Rezim demi rezim telah kita lalui,

Tidak terasa kita menjelang pemilu lagi.

Syariah agama jadikan pondasi

Berlakulah adil tanpa eksploitasi”

(Fitria Mustofa , 2018)

Adapun kriteria yang dikompetisikan yakni:format karya tulis, topik yang dikemukakan, mutu gagasan, data dan sumber informasi, pembahasan kesimpulan dan jawaban atas pertanyaan juri. Sebagai juria adalah Dr. Muh Fudhail Rahman, LC, MA

dan Achmad Bahtiar, M.Hum.

Adapun pemaparan pertama oleh Vikri Pramana Putra (Univ.Gontor) dengan judul esai Antara Solusi Ancaman Universalitas Nilai dan Keunggulan Pasar Modal Syariah yang intinya  bahwa keunggulan dari hukum syariah dilaksanakan dalam ekonomi dunia adalah mendapat dua keunggulan yakni keunggulan di persaingan global dan juga mendapat ketenangan bathin karena sesuai dengan syariat.

Pemaparan kedua oleh Muh.Faiz Ramadhan (alumni Ponpes Darunnajah) dengan judul Aplikasi Hukum Ekonomi Syariah di Era Digital.

Intinya adanya gagasan  agar anak-anak muda untuk mampu berinovasi menjadi rujukan dalam aplikasi yang berbasis syariah.

Pemaparan ketiga oleh  Dania Surnida (UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten) dengan judul  Beyond Start Up with Islamic Economic. Menciptakan syariah dalam kebutuhan kaum muslim. Dalam paparannya di jelaskan bahwa  penulis ingin menawarkan  start up yang lebih syariah misal adanya gojek muslimah.

Pemaparan keempat oleh Tedy Febriyadi double degree kedokteran dan Ilmu Hadist dari UAD Yogyakarta dengan judul kebijakan moneter Bank Syariah dalam Menghadapi Depresiasi Rupiah terhadap Dolar (Inflasi). Dalam paparannya ada dua kebijakan yakni tidak mengenal rezim suku bunga dan adanya skema mudharabah dan musyarakah. Ekonomi syariah mengajarkan kemandirian dan kerja keras semangat berwirausaha dan oenerapan nilai-nilai syariah dalam berekonomi.

Bank syariah lebih unggul dan tangguh dibandingkan bank konvensional dalam menghadapi depresi rupiah terhadap dolar.

Pemateri kelima oleh Novi Eka Ariyani utusan mahasiswi semester tiga Fakultas Syariah dari IAIN Surakarta. Dengan judul  Eksistensi Bank Syariah di Tengah Arus Globalisasi. Dengan sistem syariah yang kuat menyebabkan bank syariah bertahan di era globalisasi namun masih kurangnya kebijakan pemerintah dan sosialisasi terkait bank syariah menyebabkan masih di kisaran yang rendah.

Membanggakan! Novi Mahasiswi Semester 3 Fasya  Masuk Finalis Lomba Esai Nasional

Membanggakan! Novi Mahasiswi Semester 3 Fasya  Masuk Finalis Lomba Esai Nasional

Diakhir acara lomba ini, pengumuman pemenang Lomba Esai Nasional yakni sebagai berikut: Juara pertama, dengan nilai point 165 an. Dania. Juara kedua dengan point 160 an Tedy dan juara ketiga Vikri dengan point 158

Membanggakan! Novi Mahasiswi Semester 3 Fasya  Masuk Finalis Lomba Esai Nasional

Semoga langkah awal ini akan menjadi langkah selanjutnya untuk terus bagi mahasiswa fakultas syariah mengibarkan nama IAIN Surakarta pada umumnya dan Fakultas Syariah IAIN Surakarta di ajang nasional dan internasional. #Bangga IAIN Surakarta

Penulis: Meliana

Editor: Winarto


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *