Menjemput Senja Ramadhan Bersama HMPS Hukum Ekonomi Syariah

Menjemput Senja Ramadhan Bersama HMPS Hukum Ekonomi Syariah
Bagikan

FASYA- Senin (26/04/2021), Departemen Pengembangan Aspirasi Mahasiswa (DPAM) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Ekonomi syariah (HES) menyelenggarakan acara Ngabuburit  bareng Kaprodi dengan mengusung tema “Menjemput Senja Ramadhan dengan Bincang Jurusan”.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan memberikan wadah pengetahuan dan keteguhan hati mahasiswa berkecimpung di prodi Hukum Ekonomi syari’ah.

Menjemput Senja Ramadhan Bersama HMPS Hukum Ekonomi Syariah

Acara dibuka pukul 15.00 WIB dengan pembukaan oleh pembawa acara yaitu Khofifah dan Rifky. Dilanjutkan dengan sambutan dari Mahasin selaku ketua HMPS Hukum Ekonomi Syariah dan dilanjutkan dari Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah yaitu Masjupri S.Ag,M.hum.

 

Dalam sambutannya, beliau mengatakan  “Alangkah baiknya kalian  mengenal dengan prodi, dan memahami prodi sehingga dapat mengerti arah tujuan kedepannya. kita harus mengerti orientasi dan tujuan kita sehingga kita tidak salah sasaran. hukum ekonomi dan prospeknya,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kaprodi yang dipandu oleh Sdr. Mahasin sebagai moderator. Sekilas materi yang disampaikan oleh beliau diantaranya;

Prodi HES memiliki Visi yaitu menjadi program studi yang tekemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang hukum ekonomi syaiah yang teritegrasi dengan kearifan lokal di level Asia Tenggara pada tahun 2034.

Tujuan Prodi  HES adalah menghasilkan lulusan yang profesional di bidang hukum ekonomi syariah, menghasilkan lulusan religius, kritis, inovatif dalam kehidupan sehari hari, dan mengembangkan serta menerapkan ilmu pengetahuan di bidang hukum ekoomi syariah.

Mengenai sejarah mulanya tentang Prodi hukum ekonomi syariah.

“Dulu prodi Hukum ekonomi syariah bernama Muamalah (MU) sehingga banyak pertanyaan di kalangan masyarakat apa itu muamalah sehingga sedikit peminatya dan sekarang berubah menjadi Hukum Ekonomi Syariah. Perubahan nama ini sangat berpengaruh dengan tingkat minatnya.  Dulu  saya mengajar satu angkatan cuma 2 orang maka dari itu saya mencari mahasiswa datang ke rumah-rumah mengenalkan HES door to door se solo raya,” cerita beliau.

 

Prospek kerja Alumni Hukum ekonomi syari’ah kemana saja sih?

Ternyata kompetensi utamanya adalah menjadi hakim pengadilan agama, pengacara (advokasi), APSI, dewan pengawas syariah pada lembaga keuangan syariah, konsultan ekonomi syariah, praktisi lembaga keuangan syariah, mediator, calon peneliti hukum ekonomi Syariah.

Kompetensi Pendukung: Penghulu KUA dan menjadi Guru (Fiqh dan Ushul fiqh). Ditambah Asosiasi bank syariah Indonesia (ABSINDO) memperkirakan kebutuhan SDM berbasis syariah sealu meningkat. Maka dari itu prospek kerja alumni HES sebenarnya luas.

“Banyak alumni-alumni kita masuk di pengadilan agama, perempuan dan juga ada alumni kita Namanya Yusron dan sekarang kerja di pengadilan.  Dan lagi Sekarang lembaga-lembaga syariah  ini membuthkan lulusan yang berbasis syariah. Seperti  bank-bank syariah, BMT, koperasi syariah, BPRS, pegadaian syariah, asuransi syariah, pasar modal syaiah, hotel syariah dan masih banyak lagi,” tutur Masjupri. (HMPS HES)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *