MENYEMAI BIBIT LEGISLATOR ANDAL (Sekolah Legislatif SEMA)

MENYEMAI BIBIT LEGISLATOR ANDAL (Sekolah Legislatif SEMA)
Bagikan

MENYEMAI BIBIT LEGISLATOR ANDAL

Rabu, 19 April 2017 Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Syariah IAIN Surakarta mengadakan pelatihan bertajuk “Sekolah Legislasi”. Kegiatan yang diadakan di ruang rapat gedung Fakultas syari’ah IAIN Surakarta ini diikuti oleh 55 peserta. “Pelatihan ini bertujuan membekali mahasiswa keterampilan menyusun rancangan undang-undang dan tata cara persidangannya (sidang komisi, sidang pleno, sidang paripurna, dan lainnya). Hal ini penting untuk menunjang kemampuan mahasiswa dalam praktik penyusunan perundangan (legal drafting)”, demikian diungkapkan Thresi Ade Putra, Ketua Sema Fakultas Syariah IAIN Surakarta periode 2017 saat sambutan.

img-20170426-wa0002

Hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Syariah, Wakil Dekan III, dan pimpinan pengurus Organisasi di lingkungan Fakultas Syariah. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah IAIN Surakarta Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag mengamanatkan agar mahasiswa tidak mudah terjebak pada paham radikal yang anti pada Pancasila, Konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Melalui pelatihan ini Dekan berharap agar mahasiswa sebagai bibit-bibit legislator andal di masa datang memperoleh pengetahuan dan skill penyusunan perundangan. Lebih penting dari itu, lanjut beliau, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan dalam diri mahasiswa kepribadian yang sadar hukum dan konstitusi dalam konteks kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

img-20170426-wa0004

Kegiatan ini menghadikan Ferry Dona, S.H., M. Hum (Dosen Fakultas Syariah IAIN Surakarta) dan Thoha Ulil Albab (aktivis mahasiswa Fakultas Syariah) sebagai narasumber. Ferry menyampaikan materi praktik penyusunan peraturan (legal drafting) dan teori-teori terkait. Sedangkan Thoha mengarahkan peserta untuk melakukan simulasi persidangan, setelah sebelumnya mengenalkan lebih dulu hal-hal teknis persidangan dan meminta peserta melakukan FGD dalam kelompok. Ini dimaksudkan agar peserta memahami dan mampu menjalankan persidangan dengan baik. (Sema/Dik).

 

 


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *