Peduli Bencana Wonogiri, Mahasiswa MAZAWA Terjun Membantu Masyarakat

Peduli Bencana Wonogiri, Mahasiswa MAZAWA Terjun Membantu Masyarakat
Bagikan

Dampak badai Siklon Tropis Cempaka di Jawa Tengah melanda beberapa Kabupaten, menurut sumber BPBD Provinsi Jawa Tengah adalah Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu Kabupaten yang terdampak paling parah banjir akibat hujan deras Selasa (28/11). Dengan total 18 kecamatan terdampak, dan menyebakan 500 orang terpaksa mengungsi. (sumber : detik.com, 29/11)
Salah satu daerah di Wonogiri yang terdampak bencana parah adalah di dukuh Duren, Desa Bulurejo Kecamatan Nguntoronadi, daerah yang berdekatan dengan waduk Gajah Mungkur tersebut mengalami banjir dan tanah longsor hingga puluhan warganya terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

aksi-1

Berawal dari keprihatinan dan kepedulian maka sikap tanggap diwujudkan oleh sekelompok mahasiswa jurusan MAZAWA (Manajemen Zakat dan Wakaf) Fakultas Syariah dengan bekerjasama dengan LAZ Al Azhar pada hari Jumat (1/12) langsung datang menuju ke lokasi di dukuh Duren dengan membawa barang-barang sembako, obat dan pakaian layak pakai guna diberikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan. Kondisi medan yang sulit menjadi tantangan tersendiri tetapi dengan jiwa kepedulian sosial yang tinggi tidak menjadi hambatan bagi rekan-rekan relawan.

aksi-2

Setiba di lokasi, maka bantuan di berikan dan juga bersama warga bahu membahu untuk memperbaiki jalan akses desa yang tertutup longsor dan membersihkan rumah-rumah warga yang terkena banjir. Manfaat bantuan sangatlah dirasakan oleh masyarakat dan tentunya dapat meringankan beban musibah warga yang rumah-rumahnya tertutup longsor dan terkena dampak banjir.

aksi-5

aksi-4

Musibah bencana tidak direncanakan dan tidak diharapkan oleh masyarakat, adanya bencana merupakan moment penting kebersamaan bagi masyarakat dan mahasiswa sebagai relawan untuk menunjukkan adanya kepedulian antar sesama. Maka tumbuhkanlah jiwa kepedulian. Salam Kepedulian dari MAZAWA!
#Bangga Fakultas Syariah _IAIN Surakarta


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *