Pelaksanaan PPL Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta di KUA MUNTILAN

Pelaksanaan PPL Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta di KUA MUNTILAN
Bagikan

FASYA- Senin (24-08-2020), Fakultas Syariah IAIN Surakarta melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di tengah pandemi Covid-19. Dilaksanakan secara individu dan berkelompok, PPL dimulai sejak 24 agustus 2020 dan berakhir pada 18 September 2020. Setiap mahasiswa harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku untuk menekan persebaran Covid-19.

Tidak seperti biasa, PPL Fakultas Syariah IAIN Surakarta tahun 2020 diselenggarakan tidak hanya di area Solo Raya, namun juga di lokasi-lokasi yang dekat dengan tempat tinggal mahasiswa Fakultas Syariah yang melaksanakan PPL. Hal ini merupakan skema pelaksanaan PPL terbaru selama wabah Covid-19 melanda. Adapun waktu pelaksanaan PPL dipersingkat menjadi hanya 4 minggu sebagai upaya menekan persebaran Covid-19 dan telah mendapatkan persetujuan dari tiap-tiap instansi tempat PPL dilaksanakan.

Pelaksanaan PPL Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta di KUA MUNTILAN

Tujuan dilaksanakannya PPL, selain untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa melalui tugas lapangan, adalah untuk membangun mental dan pola pikir kreatif, inovatif dan mandiri. PPL menjadi momen perdana mahasiswa mengaplikasikan teori yang didapatkan selama perkuliahan di kampus. Target terjauh PPL adalah mempersiapkan mahasiswa Fakultas Syariah menjadi tenaga ahli di bidang hukum yang profesional, kompeten, berkepribadian baik, dan luwes berinteraksi.

Senin 24 Agustus 2020 telah dimulai pelaksanakan PPL di instansi Kantor Urusan Agama (KUA) Muntilan. Pihak KUA Muntilan memberi jaminan akan berusaha semaksimal mungkin mendampingi mahasiswa yang melaksanakan PPL, agar mahasiswa memiliki mental bagus yang kelak berguna dalam dunia kerja khususnya di lingkungan perkawinan.

Pelaksanaan PPL Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta di KUA MUNTILAN

Pandemi COVID-19 nyatanya tidak menghalangi mahasiswa untuk tetap menjalani PPL, tentu sesuai ketentuan yang telah ditetapkan Panitia Pelaksana PPL Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Maka dari itu, meski jauh dari kampus, saya (Ajeng Septi Agil PS) tetap melaksanakan PPL secara mandiri dan seorang diri di KUA Muntilan. Selama pelayanan di KUA Muntilan, para pegawai, saya, dan para pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan, antara lain dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan mengecek suhu tubuh, demi menekan persebaran Covid-19. Demikian.

(afd)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *