Raker, Sema Fakultas Syariah Canangkan Sinergi dan Progresifitas

Raker, Sema Fakultas Syariah Canangkan Sinergi dan Progresifitas
Bagikan

FASYA- Ahad, (17/03/2019) Pengurus Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Syariah (Fasya) telah melangsungkan Rapat Kerja (Raker) pasca dilantik oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. M. Usman, S. Ag., M. Ag. Raker diadakan di Boyolali di kediaman salah satu anggota Sema, Rizqi Syahru Ramadhan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengurus Sema Fakultas Syariah.

Raker ini mengusung tema “Mensinergikan dan Membentuk Mahasiswa Syariah Yang Progresif”. Tema ini diharapkan dapat mensinergikan dan membangun kerja sama yang baik di antara Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di lingkungan Fakultas Syariah.

“Selain itu, diharapkan agar mahasiswa Fakultas Syariah menjadi lebih baik serta progresif dalam segala bidang, khususnya terkait keorganisasian,” tutur Devi Andrianti selaku Ketua Sema Fakultas Syariah.

Raker ini penting mengingat banyak hal yang harus direncanakan dan dilakukan guna meningkatkan kompetensi mahasiswa Fakultas Syariah dalam satu tahun ke depan.

Selain handal di bidang keorganisasian, mahasiswa Fakultas Syari’ah juga perlu meningkatkan kompetensi akademiknya. Tidak hanya berhenti pada tataran teori belaka, melainkan juga mensinergikan teori dengan realitas yang lebih luas. Selain itu, mahasiswa juga perlu meningkatkan kemampuan manajemen waktu, keuangan, pemikiran, tenaga, dan hal lainnya.

Struktur kepengurusan Sema Fasya terdiri dari beberapa bagian: Ketua, Sekretaris, Bendahara, Komisi Undang-Undang, Komisi Advokasi, dan Komisi Pengawas.

Adapun tugas utama Sema Fasya adalah sebagai wadah untuk menampung aspirasi mahasiswa di tingkat Fakultas. Selain itu, Sema merupakan ormawa yang bergerak di bidang legislatif.

Pada raker ini, masing-masing komisi menyampaikan program kerjanya. Komisi Undang-Undang di antaranya memiliki program meninjau ulang Undang-Undang SEMA. Sementara Komisi Advokasi menyampaikan program terkait fasilitasi aspirasi mahasiswa.

Adapun Komisi Pengawas menekankan program penguatan daya saing dan kemampuan intelektual di bidang hukum. Mereka juga merencanakan meningkatkan kerja sama dengan Institut dan/atau dengan universitas yang ada di sekitar Kampus IAIN Surakarta.

Melalui raker ini diharapkan kepengurusan periode 2019/2020 ini mampu memberikan dampak positif bagi Fakultas Syariah khususnya, dan bagi mahasiswa pada umumnya, baik aksi maupun intelektulitasnya. (Penulis: Prita Setya/SEMA. Editor: AFZ)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *