Perkuat Daya Dukung Jurnal Al-Ahkam, Fakultas Syari’ah Jalin Kerjasama dengan Jurnal Asy-Syir’ah

Perkuat Daya Dukung Jurnal Al-Ahkam, Fakultas Syari’ah Jalin Kerjasama dengan Jurnal Asy-Syir’ah
Bagikan

FASYA – Bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal dengan tema “Teknik Mengembangkan Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah”, Fakultas Syariah (Fasya) teken kerjasama (MoU) dengan jurnal Asy-Syir’ah Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 Maret 2018 lalu. Bertempat di Ruang Rapat Lt. 3 Gedung Pendidikan Fakultas Syariah IAIN Surakarta, Dekan Fasya, Dr. M. Usman., S.Ag., M.Ag dan Editor in Chief Jurnal Asy-Syir’ah, Fuad Mustafid, M.Ag, meneken MoU berdurasi 4 tahun.

Seperti diketahui, Jurnal Asy-Syir’ah merupakan salah satu Jurnal Ilmiah di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga yang telah terakreditasi. Di masa datang Jurnal Asy-Syir’ah juga sedang mempersiapkan diri menuju Jurnal Internasional. Karenanya, kerjasama ini akan memberikan manfaat yang positif bagi Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Secara umum, kerjasama ini bagi kedua belah pihak bertujuan untuk memaksimalkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang akademik dan karya ilmiah. Melalui kerjasama ini tentu akan terjadi barter informasi akademik dan karya ilmiah bermutu. Hal ini akan berdampak positif, khususnya bagi Fasya, dalam meningkatkan kualitas iklim akademiknya.

Secara khusus, terutama bagi Fasya, ada beberapa tujuan yang hendak dicapai dari penandatanganan kerjasama ini. Pertama, penguatan literasi karya ilmiah, khususnya bagi mahasiswa. Kedua, penguatan penerbitan jurnal ilmiah.

Ketiga, memperluas ketersediaan editor eksternal bagi penerbitan jurnal. Keempat, membuka peluang keterlibatan SDM Fasya sebagai editor eksternal. Kelima, mendukung suplai ketersediaan naskah artikel ilmiah untuk kepentingan penerbitan jurnal.

Sudah menjadi rahasia umum jika keterlibatan editor eksternal penting untuk menjamin objektifitas dan mutu penerbitan Jurnal Ilmiah di Perguruan Tinggi. Namun hal ini tidak selalu mudah didapatkan. Selain itu, rendahnya ketersediaan naskah bermutu juga masih menjadi salah satu kendala penerbitan jurnal ilmiah, tidak terkecuali Jurnal Al-Ahkam Fasya IAIN Surakarta. Karenanya, melalui kerjasama ini diharapkan hal-hal yang mendukung mutu penerbitan Jurnal Ilmiah, serta kendala-kendala yang biasa ditemukan, khususnya di lingkungan Fasya IAIN Surakarta (Jurnal Al-Ahkam) bisa segera diatasi. (SH)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *