Podcast Fakultas Syariah Edisi 1, Tantangan dan Strategi Kuliah Daring di Masa Pandemi

Podcast Fakultas Syariah Edisi 1, Tantangan dan Strategi Kuliah Daring di Masa Pandemi
Bagikan

FASYA- (30/06/2020)- Selama pembelajaran daring sebagai akibat pandemic Covid-19, banyak cerita dan pengalaman unik yang dialami oleh para dosen dan mahasiswa.

Untuk merefleksikan cerita dan pengalaman unik tersebut, tim Sistem Informasi, Publikasi, dan Humas (SINPUH) Fakultas Syariah IAIN Surakarta atau yang biasa dikenal dengan nama Syariah Cyber Army (SCA) mengadakan Launching Podcast Fasya Selasa, 30 Juni 2020.

Podcast Fakultas Syariah Edisi 1, Tantangan dan Strategi Kuliah Daring di Masa Pandemi

Launching Podcast Fasya dibuka secara resmi oleh Dr. Ismail Yahya, S.Ag., M.A. selaku Dekan dan dihadiri oleh Wakil Dekan I, II, dan III Fakultas Syariah.

Selain membuka secara resmi, Dr. Ismail Yahya, S.Ag., M.A. juga memberikan sambutan dan arahan bagi tim SINPUH.

Dalam Launching Podcast Fasya tim SINPUH mengadirkan narasumber Dr. Muh. Nashiruddin, M.Ag., M.A. dan moderator Puthu Widhi Iswari, S.E., M.S.M. Banyak pengalaman yang dibagikan oleh beliau, mulai dari media, metode, sampai permasalahan yang dialami dosen dan mahasiswa selama pembelajaran daring.

Podcast Fakultas Syariah Edisi 1, Tantangan dan Strategi Kuliah Daring di Masa Pandemi

Seperti yang diketahui bersama bahwa pembelajaran daring akibat Covid-19 ini dimulai sejak pertemuan ke-8.

“Mau tidak mau, siap tidak siap, kita harus tetap melaksanakan pembelajaran,” ungkap Nashirudin.

Banyak media yang dapat digunakan oleh dosen untuk tetap melaksanakan pembelajaran daring. Dalam penuturannya Nashirudin hanya menggunakan media WA Grup.

Hal itu dilakukannya berdasarkan pertimbangan bahwa media WA tidak memerlukan kuota yang banyak. Beliau meyakini mahasiswa mempunyai kuota khusus WA yang tidak mahal.

Dalam pembelajaran yang dilakukan oleh Dr. Muh. Nashiruddin, M.Ag,  mahasiswa melaporkan kehadiran dengan cara menyebutkan nama dengan pesan suara.

Ada beberapa permasalahan yang dialami oleh mahasiswa saat mengikuti pembelajaran daring. Karena berada di kampung halaman masing-masing, ada beberapa mahasiswa yang tidak dapat mengikutinya dengan baik.

Terkadang mahasiswa diminta oleh oaring tuanya untuk membantu pekerjaan sawah atau pekerjaan rumah. Terkait alasan tersebut, pak Nashir memberikan keringanan kepada mahasiswa.

Selain pengalaman unik yang dibagikan oleh narasumber, Podcast Fasya juga menyediakan sesi pertanyaan bagi mahasiswa. Mahasiswa diperkenankan menyampaikan pertanyaan melalui Instagram @fakultas.syariah sebelum Podcast dimulai.

Kemudian, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab oleh narasumber saat podcast berlangsung. (Mokh. Yahya/Ed.MY)

Link Youtube Podcast Fasya Edisi 1:

https://youtu.be/J6HqWBuhKDY


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *