PPL Di Pengadilan Agama Ngawi, Awalnya Takut Tapi Akhirnya Berkesan

FASYA-Senin, (24/08/2020) Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta Tahun 2020 resmi dimulai diberbagai instansi seperti Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Kejaksaan dll. Seminggu pelaksanaan PPL, tiap-tiap institusi memberikan kesan-kesan tersendiri bagi mahasiswa, salah satunya di Pengadilan Agama Ngawi.

PTSP bagian Layanan Informasi

Novia, Mitha dan Siti merasa sangat berkesan dengan PPL kali ini. Awalnya merasa takut karena lokasi PPL dengan prodinya Hukum Ekonomi Syariah kurang begitu pas, mengingat di pengadilan agama banyak mengurusi kasus tentang perceraian, sedangkan kasus tentang ekonomi syariah sangat jarang. Namun setelah dijalani, tidak seperti yang ditakutkan, justru memberikan kesan yang mendalam.

PTSP bagian Layanan Pendaftaran

Novia dan kedua temannya terkesan dengan keramahan pimpinan dan pegawai di PA Ngawi. “Kami diterima dengan sangat ramah, Para pimpinan dan Pegawai di PA Ngawi sangat welcome. Bahkan mereka sangat support kegiatan PPL ini,” ujarnya menanggapi respon dari Pimpinan-pimpinan di Pengadilan Agama.

Menata arsip diruang pengarsipan

Novia juga menuturkan bahwa selama PPL di PA Ngawi, mahasiswa ditempatkan di beberapa bagian. Ada yang di Layanan Informasi, Layanan Pendaftaran, Posbakum, Meja 2 dan Meja 3 serta juga dibagian surat masuk dan keluar.

Pelayanan di posbakum

Selanjutnya mahasiswa diberikan kesempatan untuk membantu pelaksanaan yang ada di masing-masing ruang/bagian. Misalnya dibagian Posbakum, mahasiswa membuat Surat cerai gugat dan cerai talak. Tidak hanya dilibatkan dalam kegiatan saja, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menyaksikan jalannya persidangan.

Pelayanan surat masuk dan keluar

“Sungguh menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kami, saat dilibatkan dalam pendaftaran perkara, dan menyaksikan persidangan di Pengadilan Agama Ngawi. Kalau selama perkuliahan kami hanya mengetahui aspek teoritisnya, maka dengan PPL ini kami bisa mengetahui pelaksanaannya di lapangan.” Terang Novia. (Novia Nur Ajeng/Ed.AFZ)

Bagikan

Berita Terkait