Praktik Legal Drafting, Mahasiswa Fakultas Syariah Belajar Jadi Legislator

Praktik Legal Drafting, Mahasiswa Fakultas Syariah Belajar Jadi Legislator
Bagikan

FASYA- Sabtu, 04/05/2019, sebanyak 200 mahasiwa Fakultas Syariah mengikuti praktikum tata cara membuat undang-undang (legal drafting). Mahasiswa tersebut berasal dari jurusan Hukum Pidana Islam (HPI) dan Hukum Keluarga Islam (HKI) semester IV.

Teori legal drafting yang didapatkan di bangku kuliah, dipraktikkan dengan membuat rancangan peraturan perundang-undangan. Mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Di antaranya membuat rancangan undang-undang, perda Provinsi dan perda Kabupaten/Kota.

Acara kali ini dipandu oleh Fery Dona, S.H., M.Hum, dan Abdullah Tri Wahyudi, S.Ag., M.H. Keduanya merupakan dosen Fakultas Syariah IAIN Surakarta yang mengampu mata kuliah legal drafting.

Praktik Legal Drafting, Mahasiswa Fakultas Syariah Belajar Jadi Legislator

Fery Dona, S.H., M.Hum, dan Abdullah Tri Wahyudi, S.Ag., M.H sedang menyampaikan materi

Para peserta membuat rancangan peraturan perundang-undangan sesuai dengan ide mereka sendiri. Mereka mengawalinya dengan membuat judul dari undang-undang.

Kemudian dilanjutkan dengan membuat rancangan pembukaan undang-undang, batang tubuh undang-undang, ketentuan umum, ketentuan peralihan dan diakhiri dengan bagian penutup undang-undang.

Dengan adanya praktikum legal drafting ini, harapannya mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta, kelak bisa menjadi legislator-legislator handal dalam membuat peraturan perundang-undangan. (AFZ)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *