Praktikum Akuntansi Zakat, Mahasiswa Mazawa Bermain Peran sebagai Akuntan Lazis

Praktikum Akuntansi Zakat, Mahasiswa Mazawa Bermain Peran sebagai Akuntan Lazis
Bagikan

FASYA-Bertempat di Perpustakaan Fakultas Syariah, Selasa 30/4/19, mahasiswa Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) semester 4 dan 6 mengikuti kegiatan Praktikum Akuntansi Zakat. Kegiatan ini merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh pengelola Laboratorium Fakultas Syariah.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang akuntansi zakat. Secara teoritis, dasar keilmuan akuntansi zakat telah diberikan dalam perkuliahan, sehingga dalam sesi praktikum ini mahasiswa langsung praktik dengan mengimplementasikan teori yang telah dikaji.

Praktikum Akuntansi Zakat, Mahasiswa Mazawa Bermain Peran sebagai Akuntan Lazis
Siti Rokhaniyah dampingi praktikum zakat

Kegiatan praktikum ini memanfaatkan aplikasi laporan keuangan lazis yang dapat diakses publik secara gratis melalui internet, yaitu lazis.id. Aplikasi ini merupakan salah satu output pengabdian masyarakat dari Jurusan Akuntansi UMY yang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Akuntansi, Business and Accounting Innovation Center, Bank Syariah Mandiri, dan Syncore System.

Pada momen ini, mahasiswa diberi skenario penugasan, di mana mahasiswa berperan menjadi akuntan di Lazis. Tugas akuntan dimulai dari setting akun-akun yang diperlukan hingga cetak laporan yang siap dipublikasikan.

Penggunaan aplikasi ini tidak rumit, yakni cukup dengan satu kali input transaksi maka data akan ter-update secara otomatis sampai pada laporan-laporan terkait yang sudah tersinkronisasi secara menyeluruh.

Praktikum Akuntansi Zakat, Mahasiswa Mazawa Bermain Peran sebagai Akuntan Lazis
Suasana praktikum zakat

Jenis laporan yang dapat dicetak secara otomatis di antaranya laporan perubahan dana, neraca, rincian penerimaan, rincian pengeluaran, laporan mustahiq, laporan muzakki, dll. Skenario ini menjadikan mahasiswa merasa seolah sedang bekerja sebagai akuntan di Lazis.

Di akhir sesi praktikum, Siti Rokhaniyah selaku dosen pendamping menanyakan kesan mahasiswa setelah mengikuti praktikum ini. Mayoritas mahasiswa merasa bahwa praktikum ini tidak sesulit ketika mengerjakan tugas akuntansi (manual) pada perkuliahan, sehingga lebih menyenangkan. Mereka terlihat antusias menjalankan skenario penugasan ini, meskipun dalam suasana lesehan. (Penulis: Siti Rokhaniyah)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *